Wanita

3 Ibu Negara yang Tampil Sederhana tapi Tetap Anggun

Presiden Jokowi (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah) menerima kunjungan Ratu Kerajaan Belanda Maxima (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/9). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta – Sosok ibu negara tentu tak lepas dari sorotan rakyatnya bahkan dunia. Gaya berbusana mereka tak jarang dikritik atau justru sebaliknya, menuai pujian.

Nyaris selalu ada ciri khusus yang melekat dalam balutan penampilan seorang first lady. Mulai dari pemilihan warna, model rambut, hingga aksesori.

Namun ada pula sosok ibu negara yang menonjol justru karena kesederhanaannya. Mereka seolah mendobrak tradisi karena jauh dari kesan fisik yang glamor dan berlebihan.

Liputan6.com merangkum sosok first lady yang tetap anggun meski kerap tampil bersahaja. Berikut tiga di antaranya :

1. Iriana Joko Widodo

Pada Desember 2015 lalu, istri dari Presiden Joko Widodo, Iriana, membuat heboh. Bagaimana tidak, ia kedapatan duduk di kelas ekonomi ketika menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan rute Solo-Jakarta.

Kala itu, tak ada kegaduhan yang ditimbulkan terkait dengan statusnya sebagai seorang ibu negara. Tak hanya bersahaja dalam bersikap, Iriana juga memiliki gaya berbusana yang sederhana. Meski dalam sejumlah acara yang dihadirinya ia memilih warna-warna cerah.

Dalam berbagai kesempatan bahkan sejumlah acara kenegaraan, Iriana yang merupakan ibu dari tiga anak ini kerap mengenakan kebaya jenis kutu baru. Menurutnya, kutu baru memiliki nilai yang tinggi.

Dari banyak foto yang beredar secara luas, sejumlah kebaya yang dikenakan Iriana memiliki potongan simpel dan sopan. Tak ada riasan wajah atau aksesori yang berlebihan.

2. Michelle Obama

Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu kiblat mode dunia. Maka tak heran jika first lady negara itu, Michelle Obama selalu tampil modis.

Namun bedanya, ia tak selalu mengenakan pakaian atau aksesori dari merek-merek papan atas. Dalam sejumlah kesempatan, Michelle yang sempat berprofesi sebagai pengacara itu tertangkap kamera pergi berbelanja ke Target, sebuah supermarket murah.

Tentu, statusnya sebagai Ibu Negara AS membuat ia tak leluasa untuk berbelanja. Michelle pun terpaksa menyamar kala itu.

Kebiasaan berbelanja di supermarket murah sudah dilakukan ibu dari Malia dan Sasha itu jauh sebelum dirinya menjadi first lady. Dalam sebuah kesempatan ia pernah mengatakan, kebiasaan tersebut adalah salah satu hal yang dirindukannya setelah ia menjadi penghuni Gedung Putih.

Meski membeli baju yang diproduksi secara massal, Michelle tetap tampil memukau. Bayangkan, istri dari Barack Obama itu pernah mengenakan busana senilai Rp 300 ribu untuk tampil di hadapan publik.

Nama Michelle Obama menjadi langganan dalam deretan ibu negara paling modis di dunia.

3. Ho Ching

Dalam daftar negara-negara kaya di dunia, Singapura berada pada urutan ke-3. Namun hal tersebut tak serta-merta membuat pemimpin Negeri Singa serta keluarganya senang mengumbar kemewahan.

Penampilan Ho Ching, istri dari Perdana Menteri, Lee Hsien Loong itu dikenal bersahaja. Bahkan dalam sejumlah kesempatan, ia mengenakan aksesori sederhana, namun menyimpan nilai sejarah mendalam.

Sebut saja dompet bermotif dinosaurus yang ia genggam ketika bertandang ke Gedung Putih, Amerika Serikat. Sepintas, tak ada yang istimewa dari tampilan fisik dompet itu, baik secara desain maupun warna.

Namun ternyata dompet dino itu bernilai luar biasa berharga. Bukan karena harganya, melainkan karena dibuat oleh seorang penyandang autis, Sheetoh Sheng Jie.

Momen saat Ho Ching membawa dompet dino saat mendampingi sang suami melakukan lawatan resmi ini menjadi sorotan dunia. Tak lazim mungkin jika sosok perempuan nomor satu asal negara kaya memakai aksesoris sederhana.

Ho Ching kembali mencuri perhatian dengan kebersahajaannya. Ketika menghadiri jamuan makan siang dengan Kaisar Jepang, Akihito dan Permaisuri Michiko ia menjinjing sebuah tas yang lagi-lagi memiliki kesan mendalam.

Tas itu adalah milik Yoko, seorang perempuan Jepang yang meninggal sekitar dua tahun lalu. Suaminya, Masamoto, berniat menyerahkan barang milik istrinya itu ke Ho Ching setelah ia membaca artikel terkait dompet dino dan merasa tergugah dengan hal tersebut.

Di hadapan publik, Ho Ching yang diketahui memegang jabatan penting di perusahaan investasi Temasek nyaris selalu tampil dengan riasan dan busana sederhana. Di satu sisi ia dipuji untuk itu, tapi ada pula yang mengkritik selera modenya.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top