Travelinfo

Tempat Nongkrong buat Ngabuburit di Jakarta

taman kalijodo

 


Apa, sih, artinya ngabuburit? Ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang asal katanya dari burit. Dalam bahasa Sunda, burit artinya sore. Awalan nge dan suku kata bu berarti ngelakuinnya berulang kali. Jadi, ngabuburit bisa diartiin sebagai kebiasaan nungguin sore.

Nah, nungguin sore yang jadi jamnya buka puasa bisa dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya bisa berjalan-jalan untuk sekadar menyegarkan pikiran. Biar lebih asyik, mendingan lo nunggu buka puasa di tempat nongkrong yang adem dan bakalan bikin betah serta banyak pedagang makanan enak buat buka puasa. Deretan di bawah bisa jadi pilihan, loh!

 

1. Taman Kalijodo

Memang, sih, di Taman Kalijodo belum ada pohon rindang buat berteduh. Jadi, siang hari rasanya pasti panas menyengat. Jadi, ke sininya kalau enggak pagi hari, ya, sore hari. Apalagi saat bulan suci Ramadan, tempat ini bisa jadi pilihan buat ngabuburit asyik sama teman-teman. Mau duduk-duduk aja sambil ngobrol-ngobrol, bisa. Mau jalan-jalan, bisa. Mau beraktivitas ringan, bisa.

 

2. Masjid Cut Meutia

Masjid yang jadi landmark– Menteng ini suasananya teduh karena banyak pohon rindang di halamannya. Bahkan, di dalam juga enggak kalah adem dan wangi, mulai dari ruangannya, mukena, sampai sajadahnya. Pokoknya, nyaman banget buat ibadah. Masjid yang berkubah unik dengan arsitektur Belanda ini dibangun Belanda pada abad ke-19. Saat bulan Ramadan, banyak jenis makanan dan minuman yang dijual di area masjid. Ada mi jawa, nasi goreng, satai padang, ketoprak, nasi padang, warteg, sup, tongseng, satai kambing, dan es kelapa. Bahkan, pas bulan Ramadan, di Masjid Meutia sering ada acara seru, loh. Salah satunya Ramadan Jazz Festival.

 

3. Taman Suropati

Taman Suropati juga asyik buat bersantai-santai nungguin beduk magrib. Taman asri yang ditumbuhin pepohonan rindang ini bisa bikin acara ngabuburit lo jadi adem dan nyaman. Duduk di bawah pohon sambil nikmatin embusan angin bisa bikin pikiran lo segar dan bantu lo lupa akan rasa haus. Enggak terasa tiba-tiba udah adzan magrib aja.

 

4. Masjid Sunda Kelapa

Kalau udah puas ngabuburit di Taman Suropati, menjelang buka puasa, lo bisa berburu takjil dan menu berbuka puasa di Masjid Sunda Kelapa. Tempat ini jaraknya enggak terlalu jauh dari Taman Suropati, guys. Sebuah bazar bagi usaha kecil dan menengah dibuka sepanjang hari selama Ramadan, sejak pukul 15:00 hingga menjelang tengah malam. Baju koko, sarung, gamis, dan pernak-pernik Lebaran dijual di selasar masjid yang cukup luas. Sementara itu, di halaman terdapat jajanan aneka takjil yang enak dan menggoda.

 

5. BKT Jakarta Timur

Buat yang belum tahu, BKT merupakan kepanjangan dari Banjir Kanal Timur yang berlokasi di Jakarta Bagian Timur. BKT adalah sebuah aliran sungai yang dibuat untuk mengatasi banjir di Jakarta. Di tengah hiruk-pikuknya Jakarta, BKT memberikan sesuatu yang berbeda. Banyak pohon rindang buat tempat nongkrong asyik dan juga jalanan yang dibuat khusus buat jalur sepeda sehingga jelas jauh dari polusi. Selain itu, lo bisa ngabuburit seru di sini karena banyak banget wisata kuliner yang bakal lo temuin saat sore menjelang malam hari.

 

6. Taman Ayodya

Taman Ayodya terletak di Barito, Jakarta Selatan. Di taman ini lo bisa duduk-duduk santai sembari nikmatin pemandangan kolam di tengah taman. Kalau mau ngisi waktu ngabuburit dengan berolahraga, di sini ada trek joging. Saat waktu buka puasa tiba, lo bisa langsung berbuka dengan membeli jajanan kaki lima yang sudah nyiapin hidangan buka puasa untuk pengunjung taman. Praktis dan nyaman, bukan?

 

7. Balai Kota Jakarta

Ingin menjajal sensasi berkeliling Jakarta sambil menunggu beduk magrib? Nah, di Balai Kota Jakarta, lo bisa mencoba bus wisata Jakarta selama bulan puasa. Kalau tahun lalu, sih, ada tiga rute dengan tema berbeda, yaitu Art and Culinary, History of Jakarta, dan Shopping Experience Jakarta.

Kalau dari Balai Kota, nama rutenya adalah History of Jakarta. Bus itu akan membawa lo dari Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, Kota Tua, Masjid Istiqlal, sampai Monas. Nah, kabarnya sih kalau tahun ini siapa yang main-main ke Balai Kota menjelang waktu berbuka tiba, bakal ada takjil gratis. Lumayan, ‘kan, buat ganjal perut? Di Balai Kota Jakarta pun juga bakal lo lihat puluhan stan bazar di area parkiran. Jadi, enggak usah cemas kalau mau berburu makanan buat berbuka, guys.

***

Buat lo yang anaknya kurang suka ngabisin waktu dengan ngabuburit ke luar dan maunya di rumah aja, enggak apa-apa. Mungkin lo bisa lebih produktif di rumah. Bantuin nyokap masak dan nyiapin makanan berbuka untuk keluarga lo, misalnya. Pokoknya, yuk, siapin diri menyambut bulan Ramadan!

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top