Bisnis

Sering Kurang Fokus Saat Kerja? Atasi dengan 5 Cara Ini

Sering Kurang Fokus Saat Kerja? Atasi dengan 5 Cara Ini

 

Sering Kurang Fokus Saat Kerja? Atasi dengan 5 Cara IniFoto: Getty Images
Jakarta – Kehilangan fokus saat mengerjakan tugas tentu pernah dialami hampir setiap karyawan. Hal tersebut bisa timbul karena berbagai hal, mulai dari banyak pikiran atau terganggu karena situasi kantor kurang kondusif. Tak jarang kurang konsentrasi bekerja juga terjadi karena hal-hal kecil, seperti salah makan hingga meja yang berantakan. Hal ini tentu dapat mengganggu proses kerja karena membuat Anda jadi menunda. Jika begitu, coba lakukan lima cara berikut ini agar lebih fokus di kantor:

1. Konsumsi Ini
Agar lebih fokus bekerja, disarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang lambat memproduksi glukosa. Glukosa yang dikeluarkan ketika makan terurai berguna untuk menjaga otak tetap sadar dan terjaga. Untuk itu, konsumsilah karbohidrat dengan indeks glikemik rendah karena akan membuat tingkat gula darah stabil sehingga Anda fokus lebih lama. Misalnya saja, bayam, kale, tomat, timun, buah segar, ubi, kacang, atau quinoa. Simpan juga sebagai snack untuk dimakan ketika sudah mulai kurang fokus.

2. Istirahat Sebentar
Fokus bukan berarti Anda harus terus menerus bekerja tanpa istirahat. Supaya lebih konsentrasi ketika mengerjakan tugas justru Anda perlu waktu-waktu rehat. Apalagi saat sedang menyelesaikan pekerjaan yang sulit dan butuh waktu lama. Momen istirahat itu bisa dimanfaatkan untuk mengobrol dengan rekan, mengambil minuman, atau mengecek email sehingga otak tak terlalu tertekan.

3. Jangan Terlalu Lama Lihat Email
Mengecek email memang penting dilakukan agar tidak ada hal-hal yang terlewat. Namun hindari fokus terlalu lama melakukannya karena bisa membuat Anda kehilangan fokus untuk bekerja. Menurut penelitian, menghindari buka email malah bisa meningkatkan kemampuan fokus secara signifikan. Jika sering tergoda melihat email masukan, sign out saja untuk sementara.

4. Dengarkan Musik yang Disuka
Sebagian dari Anda mungkin mengira jika mendengarkan musik akan mengganggu konsentrasi kerja. Namun sebuah penelitian justru mengatakan sebaliknya. Riset tersebut menunjukkan bahwa partisipan yang mendengarkan musim yang disuka mengalami peningkatan konsentrasi. Sedangkan jika musiknya kurang disuka tidak akan menghasilkan peningkatan fokus.

5. Bersihkan Meja
Kurangnya fokus bisa timbul karena hal-hal kecil seperti meja yang berantakan. Untuk itu, coba rapikan meja kerja Anda kemudian buang juga barang-barang yang tidak dipakai. Bukan hanya pada meja, bersihkan pula tampilan dekstop agar tidak kebanyakan file. Menurut riset, lingkungan berantakan membuat kemampuan otak memproses informasi jadi terbatas. (ami/ami)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top