News

Rencana Besar Uber: Singkirkan Pengemudi Manusia

detik

Subsidi tinggi bagi pengemudi dikatakan sebagai faktor utama kerugian sebesar USD 1,27 miliar yang dialami Uber. Maka di masa depan, bukan tak mungkin Uber akan perlahan menyingkirkan para pengemudinya. Sebab meski punya banyak uang dari investor, Uber tak bisa terus rugi.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (26/8/2016), pendiri dan CEO Uber, Travis Kalanick, memang punya visi membuat armada taksi otomatis yang tak memerlukan pengemudi. Rencana itu mulai berjalan di mana Uber baru-baru ini mengakuisisi perusahaan teknologi self driving bernama Otto senilai USD 300 juta.

“Pada akhirnya, Uber akan menyingkirkan pengemudinya dan meraih untung. Akuisisi Otto menunjukkan kemauan mereka untuk memajukan teknologi mobil tanpa pengemudi,” sebut Michael Nunez, kolumnis di media teknologi Gizmodo.

Teknologi mobil yang bisa berjalan sendiri sudah banyak diimplementasikan dan semakin canggih hari demi hari. Di Singapura bahkan sebuah startup bernama Nutonomy sudah menguji coba armada taksi otomatis yang rencananya siap melayani konsumen di 2018.

Spekulasi ini seolah diperkuat pernyataan Engineering Director Uber kepada Bloomberg yang mengatakan tujuan mobil otonom adalah secara bertahap ‘menyapih’ Uber dari operasional menggunakan sopir.

Dalam wawancara dengan Business Insider, Kalanick membantah spekulasi tersebut. Dikatakannya, menambahkan mobil otonom ke layanan Uber tidak akan menghilangkan kebutuhan akan manusia.

“Karena ada tempat-tempat di mana mobil otonom tidak bisa melaluinya, atau kondisi yang tidak memungkinkan sebuah mobil otonom untuk digunakan,” kata Kalanick seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (19/8/2016).

Dikatakannya, menurunkan jumlah pengemudi manusia memerlukan proses yang cukup panjang, sehingga tidak akan segera terjadi dalam waktu dekat. Namun di sisi lain ia seolah mengatakan, walau mungkin butuh waktu panjang, pengemudi manusia pada akhirnya tak banyak dibutuhkan lagi.

(fyk/rou)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top