News

Ini Beberapa Anekdot Tokoh-tokoh KTT G20 di Jerman

Para pemimpin negara-negara anggota Kelompok 20 (G20) dan pasangan mereka berpose bersama pada saat KTT G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017).

 

Para pemimpin negara-negara anggota Kelompok 20 (G20) dan pasangan mereka berpose bersama pada saat KTT G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017).
Para pemimpin negara-negara anggota Kelompok 20 (G20) dan pasangan mereka berpose bersama pada saat KTT G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017).(Lukas Coch/AAP)

HAMBURG,– Mulai dari “penderitaan” yang dialami Ibu Negara Amerika Serikat (AS), Melania Trump, hingga seringai wajah Kanselor Jerman Angela Merkel, ini adalah beberapa anekdot tentang tokoh-tokoh di seputar KTT G20 di Hamburg, Jerman.

Hari buruk bagi Melania

Melania dijadwalkan melakukan tur dengan kapal pesiar bersama para istri atau suami pemimpin G20 lainnya, Jumat (7/7/2017).

Namun sayangnya Melania malah terjebak di hotel, tak bisa keluar, karena ratusan demonstran anti-globalisasi mengepung kawasan di sekitar tempatnya menginap, sebagaimana dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Massa yang marah itu terlibat dalam bentrokan dengan polisi, menghancurkan jendela toko dan membakar sejumlah mobil. Melania merasa was-was dengan keadaan itu.

Namun, ia pada akhir muncul juga. Sedangkan, suaminya, Donald Trump terkunci dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca: Jelang KTT G20 di Hamburg, Pecah Bentrok antara Polisi dan Pendemo

Trump menekan Putin, terkait dengan dugaan bahwa Rusia mengintervensi Pilres AS pada November 2016. Tentu saja Putin menolak keras dugaan itu.

“Ada banyak masalah di atas meja. Hampir semua hal dibicarakan. Tidak satu pun dari mereka yang ingin berhenti” berbicara, kata  Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, merujuk pertemuan Trump dan Putin.

“Saya yakin sekalipun mereka mengirim Ibu Negara untuk melihat apakah dia bisa mengeluarkan kami dari sana, tapi itu juga tidak akan berhasil … Kami pun menambah satu jam lagi,  jelas dia gagal!” kata Tillerson menambahkan.

Macron hangat pada Trump

Jika sebuah video yang menunjukkan bahwa Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menjauhi Trump untuk menyambut para pemimpin lainnya adalah gambar utama yang muncul di situs media sosial selama pertemuan puncak NATO awal tahun ini, namun di KTT G20, tampaknya ada relasi yang hangat antara pemimpin muda tersebut dan taipan AS itu.

Macron benar-benar berada di samping Trump pada sesi “foto keluarga” para pemimpin G20. Dia bahkan menyelipkan dirinya di bagian paling kanan kelompok itu pada satu sesi fotografi, sehingga pemimpin AS tidak benar-benar berada di sisi paling luar.

Baca: Trump dan Putin Gelar Pertemuan Bilateral Pertama

Pada sesi pertemuan Sabtu (8/7/2017), Macron terlihat menyapa Trump dengan penuh semangat.

Pemimpin Perancis itu mencondongkan badannya ke arah pemimpin AS, dan hal itu memunculkan pertanyaan apakah dia menawarinya sentuhan pipi dengan pipi.

Namun, para wartawan di tempat kejadian mengatakan bahwa itu hanya sebuah rangkulan biasa tanpa sentuhan pipi dengan pipi.

Trump salah kira

Trump, yang bersama beberapa pemimpin lainya yang terakhir tiba di aula konser Elbphilharmonie, Hamburg – untuk menghadiri sebuah malam budaya pada Jumat (7/7/2017) – disambut dengan tepuk tangan meriah saat ia keluar dari kendaraan lapis bajanya.

Pemimpin AS itu dengan gagahnya tersenyum lebar untuk merepons tepuk tangan meriah tersebut.

Eh, ternyata, tepuk tangan itu untuk Macron, yang berhenti tepat di belakang Trump, demikian dilaporkan media Jerman.

Merkel seringai Putin

Sebuah pertemuan animasi antara Merkel dan Putin telah beredar luas di media sosial dengan pertanyaan tentang masalah apakah kedua pemimpin itu berdiskusi?

Baca: Trump Jabat Tangan dan Tepuk Punggung Putin

Saat memasuki ruang konferensi, Merkel mengangkat tangan dan mengamati apa yang tampak seperti gerakan proyektil itu.

Namun, Putin mengacungkan satu jari, lalu kemudian menawarkan versinya dengan isyarat yang sama, dan hal itu membuat Merkel menyeringai Putin.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top