Infotainment

Waduh, Insiden Bendera Jepang Bisa Buat Tiffany Dipenjara?

wowkeren

WowKeren.com – Insiden memasang emotikon bendera Jepang di Hari Kemerdekaan Korea Selatan yang dilakukan , masih berbuntut panjang. Selain dicopot sebagai bintang iklan kosmetik, kabarnya Tiffany bisa saja akan dipenjara karena kejadian itu. Waduh …

Dilansir Allkpop, hukum untuk pelarangan menggunakan gambar “Nisshoki” atau matahari terbit yang menjadi simbol bendera Jepang, telah didiskusikan pada awal tahun 2013. Kejadian Tiffany ini hanya satu dari beberapa kejadian yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

September 2013, wacana peraturan bagi siapa saja yang menggunakan gambar “Nisshoki” masih diajukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-19 Korea Selatan, namun wacana itu ditunda. Desember 2015, wacana tersebut diajukan kembali kepada Komite Majelis Legislatif dan Hukum Nasional Korea Selatan, tapi kembali urung diputuskan karena membahas prioritas lainnya.

Dalam wacana itu, siapapun yang menggunakan simbol atau gambar yang berhubungan dengan jaman penjajahan Jepang akan dikenakan hukuman penjara sekurang-kurangnya 1 tahun, atau denda uang sejumlah 3 juta won (sekitar Rp 36 juta).

“Dengan adanya kontroversi baru-baru ini (Tiffany), ada kemungkinan wacana itu akan didiskusikan lagi dalam waktu dekat ini,” kata salah satu anggota Munas. Bagaimana nasib Tiffany ke depan? (wk/dn)

 

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top