Infotainment

Geng Sosialita Cantik ini Makan Bancakan, Cowok Awas Gagal Fokus!

 

via ceriwis.net

Belakangan banyak artis yang terlihat makan bersama dengan alas daun pisang. Hal yang terbilang sederhana ini lantas berubah menjadi trend sendiri dan banyak diikuti oleh kaum sosialita.

Misalnya saja foto yang diunggah oleh manager artis FTV, Teguh Priyanto. Melalui akun instagramnya, Teguh mengunggah foto geng sosialita saat sedang duduk lesehan dengan hidangan lengkap khas bancakan tersaji di depan mereka.

Baca Juga : Enak Tak Perlu Mahal! 7 Seleb ini Asyik Makan di Pinggir Jalan

Dalam foto tersebut nampak 11 wanita cantik kompak dengan pakaian serba putih. Tak hanya cantik saja, kelompok wanita yang hanya mengenakan kemeja putih berpotongan longgar tersebut juga berpose ala sosialita dan membuat pria gagal fokus.

via ceriwis.net

Sebelum aksi sosialita makan ala bancakan ini beredar di sosial media, ada beberapa artis yang juga makan dengan cara serupa. Mereka tak lain adalah keluarga Ashanty, Shinta Bachir, Rina Nose, Ruben Onsu dan bahkan hingga Syahrini yang biasanya selalu tampil dengan gaya glamour.

Rupanya, gaya makan dengan alas daun pisang ini masih merupakan bagian dari tradisi. Yap, bancakan adalah tradisi asal Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Barat.

Dalam adat Jawa, bancakan merupakan ritual untuk mengucap syukur. Bancakan memiliki filosofi khusus, mulai dari bentuk sedekah hingga simbol jika semua orang memiliki derajat yang sama. Hal ini dikarenakan semua orang akan duduk lesehan secara bersama-sama dalam tradisi bancakan tanpa membedakan rupa maupun kasta. Selain itu, bancakan berarti memakan dalam satu wadah yang sama tanpa rasa jijik. Hal ini menyimbolkan gotong royong, kerukunan dan keakraban.

Jika sudah tahu maknanya, Kamu pasti tak segan dong ikut melestarikan budaya yang satu ini? Apa sih salahnya makan sederhana secara bersama-sama dalam satu wadah?

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top