News

Filipina klaim Maute bersaudara tewas dalam pertempuran di Marawi

Maute Brothers. ©2017 Merdeka.com

 Militer Filipina mengklaim kalau mereka berhasil menewaskan dua bersaudara, Abdullah Mauter dan Omarkhayam Maute, dalam baku tembak di Kota Marawi. Meski belum dipastikan, tetapi mereka berkeras meyakini kabar itu benar.

“Kami masih menunggu konfirmasi kabar itu, tetapi ada indikasi kuat (Maute bersaudara tewas),” kata juru bicara militer Filipina, Letkol Jo-Ar Herrera, seperti dilansir dari laman Reuters, Sabtu (10/6).

Herrera juga menyampaikan kabar kalau 13 marinir Filipina tewas dalam pertempuran sengit di Marawi pada Jumat kemarin. Menurut dia, mereka menyatakan ke-13 marinir itu meninggal dalam baku tembak buat memukul mundur kelompok bersenjata gabungan pro ISIS.

Alhasil, tewasnya 13 marinir itu menambah jumlah pasukan Filipina gugur dalam operasi militer menumpas kelompok bersenjata. Hingga kini peperangan sudah menelan korban jiwa 58 tentara, 20 warga sipil, dan lebih dari seratus militan.

Militer Filipina mengaku kesulitan menumpas gerilyawan pro ISIS terdiri dari kelompok Maute dan Abu Sayyaf. Sebab, persenjataan mereka juga mumpuni, memahami medan, dan unggul dalam taktik.

Pertikaian itu dipicu operasi penyergapan militer Filipina pada 23 Mei lalu buat menangkap pimpinan kelompok Abu Sayyaf, Isnilon Totoni Hapilon. Namun, penggerebekan itu gagal dan Isnilon berhasil kabur. Mereka kemudian membalas dengan menyerbu Kota Marawi dan mendudukinya. [ary]

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top