News

Asap di Riau Semakin Parah, Jarak Pandang di Dumai Hanya 1 Km

detik

Derita kabut asap kembali terulang tahun 2016 ini. Asap di Kota Dumai, Riau kian parah dan membuat jarak pandang terbatas hanya 1 Km.

BMKG Pekanbaru hari ini, Minggu (28/8/2016) merilis soal kabut asap. Dalam rincianya, saat ini asap paling parah ada di Kota Dumai, berjarak 200 Km arah utara dari Pekanbaru.

Kota Dumai terkepung asap karena adanya kebakaran lahan di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir. Asap tebal pagi ini mengepung suasana kota yang berada di pantai timur Sumatera. Asap pun berpotensi sampai ke negeri jiran Malaysia.

Tidak hanya di Dumai saja. Asap pekat juga menyelimuti Pekanbaru sejak kemarin hingga hari ini. Jarak pandang akibat kabut asap kini terbatas hanya maksimal 2,3 Km.

Untuk titik panas, berdasarkan pantuan satelit, hari ini muncul di Kabupaten Siak dan Rokan Hilir. Kondisi kebakaran lahan yang belum bisa teratasi ini, juga memperburuk jarak pandang di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang sebelumnya 10 Km kini menurun jadi 5 Km. Begitu juga di Kab Pelalawan jarak pandang juga menurun menjadi 6 Km.

“Asap sekarang sudah mulai parah. Kapan masalah kebakaran ini bisa diatasi negera,” gerutu Ahmad seorang warga Pekanbaru kepada detikcom.
(cha/faj)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top