News

10 Peraturan Paling Nyeleneh dan Menggelikan yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Korea Utara

Sekali lagi, bersyukurlah kamu bisa hidup di negeri yang masih cukup baik dalam menjunjung kebebasan warganya ini.

Korea Utara dikenal sebagai negeri paling terisolir dan terasing di dunia. Negara ini seolah menutup diri dari sentuhan dunia luar. Tak ayal, karena hal tersebut, masyarakat di dunia justru semakin penasaran dengan kondisi dan keadaan negara ini.

Namun, para informan dan penyintas yang berhasil melarikan diri dari negara tersebut telah membocorkan beberapa hal penting terkait negeri ini. Contohnya adalah menyangkut peraturan khusus yang berlaku, baik itu kepada warganya maupun kepada turis asing yang datang, di negara itu. Peraturan mereka menggelikan, di lain sisi juga bisa sangat menakutkan. Apa saja peraturan tersebut? Ini dia 10 di antaranya yang telah kami rangkum.

1. Di Korea Utara, hanya ada tiga kanal televisi yang dapat dan WAJIB ditonton penduduknya

Hanya ada TV Pemerintah. [Image Source].

Indonesia punya satu stasiun televisi pemerintah ditambah dengan banyak deretan stasiun televisi swasta. Sehingga kita dihadapkan pada beragam pilihan saluran televisi ketika menonton. Namun, tidak dengan warga Korut. Mereka hanya punya tiga saluran televisi yang semuanya dimiliki dan dikendalikan ketat oleh pemerintah. Wajar jika propaganda begitu mudah ditanamkan kepada rakyatnya.

2. Hukuman tiga generasi yang sadis

Hukuman tiga generasi. [Image Source].

Di Korea Utara, apabila kamu terbukti melakukan tindak kejahatan, bukan hanya kamu yang akan kena hukuman, namun tak tanggung-tanggung, seluruh keluarga kamu yang terbentang hingga tiga generasi juga kena imbasnya. Termasuk anak-anak, orang tua, hingga kakek-nenek kamu. Hukuman ini dirancang untuk mencegah rakyatnya bertindak gegabah dan mengontrol mereka dengan seketat mungkin.

3. Hanya ada 28 gaya rambut yang bisa kamu pilih ketika bercukur

Gila! Hanya gaya rambut ini yang bisa kamu pilih. [Image Source].

Jumlah tersebut juga masih harus dibagi dua, 10 untuk pria dan 18 untuk wanita. Pemerintah juga ikut mengatur secara resmi perihal gaya rambut dan semua orang dilarang memiliki gaya rambut lain. Peraturan ini diresmikan oleh sang supreme leader, Kim Jong Un, pada tahun 2013. Curangnya, tak ada yang boleh meniru gaya rambut dirinya karena ia ingin gaya tersebut menjadi gaya yang unik dan ekslusif.

4.Hanya mereka yang “terpilih” yang dapat tinggal di Ibu Kota

The Capital. [Image Source].

Tak sembarang orang dapat tinggal di Pyongyang, Ibu Kota Korut. Sang Kim Jong hanya ingin mereka yang sukses, kaya raya, dan berpengaruh yang hidup di kota tersebut. Oleh karena itu, menjadi bagian dari penduduk ibu kota di sana sulitnya minta ampun. Jadi, jika kamu ingin jadi orang sukses dengan cara memulai semuanya dari nol layaknya di Ibu Kota Jakarta, maka Pyongyang bukanlah tempat yang tepat bagi kamu.

5. Setiap siswa harus menyediakan kursi dan meja sekolah masing-masing

Setiap siswa wajib menyediakan kursi dan meja masing-masing. [Image Source].

Yup, kamu tak salah baca. Di Korea Utara, setiap siswa yang ingin sekolah wajib membeli sendiri semua perlengkapan kelas seperti meja dan kursi untuk belajar. Semua benda tersebut juga diwajibkan serupa alias sama. Ditambah lagi, para orang tua juga diharuskan untuk mengganti biaya material seandainya ada bagian dari bangunan sekolah yang mesti direnovasi.

6. Kepemilikan Injil adalah ilegal di Korea Utara

Ilustrasi Injil. [Image Source].

Di Korea Utara, Injil dianggap sebagai simbol budaya Barat, alhasil pemerintah melarang para penduduknya untuk memiliki kitab umat Kristiani ini. Pemerintah takut seandainya rakyat Korut banyak yang terpengaruh dan memutuskan untuk memeluk agama tersebut. Pernah suatu ketika ada seorang wanita yang menyebarkan kitab Injil. Bisa kamu tebak apa yang terjadi padanya? Benar, ia kemudian ditangkap dan dieksekusi.

7. Produk keren dari Apple, Sony, Microsoft tak boleh didistribusikan di Korea Utara

No Apple, No Party. [Image Source].

Tak boleh ada iPhone, Experia, atau produk-produk sentuhan Microsoft. Tak banyak informasi yang diketahui menyangkut industri teknologi di sana. Pemerintah juga menutup rapat soal ini. Konon, ada rumor yang mengatakan bahwa Korut tengah mempersiapkan teknologi mutakhir untuk menyaingi kemajuan teknologi negeri tetangganya, Korea Selatan.

8. Semua penduduk wajib memberikan suara saat pemilu

Kim Jong Un. [Image Source].

Partisipasi Pemilu di Indonesia pada Pilpres terakhir adalah sekitar 75,11 persen. Sedangkan, di Korea Utara angkanya sempurna 100 persen. Kenapa? Karena di sana, tidak menggunakan hak suara sama saja dengan dianggap sebagai perbuatan ilegal. Lucunya, pemerintah Korea Utara mewajibkan penduduknya memilih satu orang, Kim Jong Un. Kalaupun ada oposisi, ia hanya aktor politik yang dibayar untuk kalah dalam Pemilu.

9. Akses internet untuk rakyat diberangus habis-habisan

Kim Jong Un. [Image Source].

Para pejabat politik beserta keluarga mereka, mahasiswa di universitas terkemuka, dan anggota militer adalah orang-orang yang diperbolehkan untuk mengakses internet. Rakyat biasa dilarang untuk terhubung ke dunia maya. Tak hanya itu, Komputer di Korut juga hanya menjalankan sistem operasi buatan mereka sendiri, Red Star. Tak ada Windows atau Mac.

10. Setiap gerak-gerik turis atau orang luar, akan diawasi secara ketat

Setiap turis akan mendapat “pengawalan.” [Image Source].

Seandainya kamu berkunjung ke sana sebagai turis (entah karena tertarik atau ingin cari mati), bersiaplah, karena kamu akan ditemani oleh seorang ofisial pemerintah yang mengawasi setiap tindak-tanduk kamu. Setiap interaksi, fotografi, dan kunjungan ke suatu tempat harus disetujui terlebih dulu oleh pemerintah. Jika melakukan hal-hal tersebut tanpa seizin pemerintah, maka nyawa yang jadi taruhannya.Itulah beberapa peraturan paling nyeleneh, menggelikan, hingga menyeramkan yang berlaku di Korea Utara. Sepertinya bukan hal yang mengejutkan apabila negara ini jadi negara yang terisolir. Lagipula, setelah mengetahui peraturan di atas, turis waras mana yang sudi berkunjung ke negeri ini?

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top