News

1.140 Rumah Tidak Layak Huni di Kota Bandung Segera Direnovasi Mulai Tahun Ini

detik

Ada kabar gembira bagi warga kurang mampu yang tinggal di Kota Bandung. Dalam waktu dekat Pemkot Bandung bakal merenovasi sebanyak 1.140 rumah tidak layak huni (rutilahu) yang tersebar di 121 kelurahan.

Pemkot Bandung mencatat pada tahun 2015 terdapat sebanyak 5.582 rutilahu yang tersebar di 121 kelurahan. Namun, pada tahun ini Pemkot Bandung baru bisa merenovasi sebagian.

“Jadi jumlah rutilahu di Kota Bandung ini masih cukup banyak. Nah tahun ini secara bertahap akan kami renovasi,” kata Kepala Bidang Perumahan Distarcip Kota Bandung Nunun Yanuati kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (25/8/2016).

Nunun mengungkapkan, ribuan rutilahu yang akan diperbaiki pada tahun ini merupakan pengajuan masyarakat saat Musyarawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tahun lalu. Lalu, pihaknya menginventarisir lokasi-lokasi tersebut.

“Jadi itu (renovasi) berdasarkan pengajuan dari masyarakat, ada usulan saat musrembang. Lalu itu kita inventarisir,” ucapnya.

Namun demikian, Nunun menyebut bantuan rutilahu hanya berlaku untuk tanah pribadi. Selain itu juga pemilik bangunan harus beridentitas warga Kota Bandung.

“Pengajuannya ke wali kota via kelurahan. Untuk tahun ini rencananya dalam waktu dekat akan segera dimulai. Satu bulan perbaikannya selesai,” tutur dia.

Bantuan rutilahu tahun ini, berasal dari APBD Kota Bandung. Untuk besar rumah warga yang akan diperbaiki tergantung dari kondisi di lapangan. Namun, maksimal bantuan sebesar Rp 17 juta per rumah.

“Bantuannya tidak berbentuk uang tetapi dalam bentuk material dan pemasangan. Yang melaksanakan masyarakatnya, jadi swadaya,” katanya.
(avi/avi)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top