Inspirasi

Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi? Tenangkan dengan Cara Ini, Moms!

vemale

Saat si kecil rewel, sebagai ibu kita pasti akan dilanda rasa cemas. Tak tahan rasanya melihat buah hati tercinta terus menangis dan tak tenang. Bahkan kalaupun bisa, kita rela untuk menggantikan dan menerima rasa sakit yang dirasakan si kecil.

Salah satu penyebab si kecil rewel adalah tumbuh gigi. Ciri-ciri umum bayi mengalami tumbuh gigi, antara lain suka memasukkan barang yang dipegangnya, suka menggigit benda yang digenggamnya, susah makan, sulit tidur nyenyak, dan mengeluarkan air liur yang lebih banyak dari biasanya. Kalau bayi rewel karena tumbuh gigi, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk menenangkannya. Berikut tipsnya, Moms.

  • Memberikan Mainan Teether yang Didinginkan

    Teether ini banyak tersedia di toko-toko bayi dengan berbagai merek dan bentuk. Mainan ini didesain khusus mudah digenggam bayi dan aman dimasukkan ke dalam mulut. Saat si kecil sedang tumbuh gigi, coba berikan teether yang didinginkan atau sudah dimasukkan ke dalam kulkas (bukan freezer) selama beberapa saat kepada bayi. Bayi akan merasa nyaman saat menggigit teether yang sudah didinginkan tersebut.

  • Mengusap Gusi Bayi dengan Lembut

    Jika memungkinkan, coba usap gusi bayi secara perlahan. Caranya bersihkan dulu jari kita, lalu masukkan ke dalam mulut bayi kemudian usap bagian gusi yang sedang ditumbuhi gigi secara perlahan. Harus hati-hati sekali, ya Moms jangan sampai si kecil jadi tersedak karena jari yang kita masukkan terlalu dalam.

  • Memberikan Finger Food yang Aman untuk Bayi

    Jika tak punya teether, kita bisa memilih alternatif memberikan finger food (makanan yang mudah digenggam) pada si kecil. Biasanya bayi sudah berusia enam bulan saat giginya tumbuh. Pada usia ini, mereka juga bisa mendapatkan makanan pendamping ASI. Berikan sepotong wortel atau apel yang cukup lunak pada bayi. Selalu dampingi si kecil saat makan untuk mencegah terjadinya tersedak atau hal-hal yang tak diinginkan.

  • Beri Obat Sesuai Resep Dokter

    Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter jika anak terus rewel karena tumbuh gigi. Dokter mungkin akan memberi resep obat parasetamol atau ibuprofen dalam kadar kecil, bisa juga mungkin obat oles tertentu yang aman untuk bayi. Sekali lagi, jangan sampai memberi obat pada si kecil tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter, ya Moms.

Melihat anak rewel atau terus menangis karena tumbuh gigi memang membuat hati kita sebagai ibu ikut sedih. Yang penting kita harus tetap tenang dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top