Health

Ukuran payudara tiba-tiba membesar? 7 Hal ini jadi alasannya

Ukuran payudara tiba-tiba membesar? 7 Hal ini jadi alasannya


Merdeka.com – Payudara wanita akan bertumbuh dan bertambah ukurannya seiring berjalannya waktu. Kadang pertumbuhan tersebut berlangsung cepat, kadang pula lambat. Namun saat ukuran payudara tiba-tiba membesar, apakah yang jadi alasannya?

Berikut adalah penjelasannya.

Pubertas
Selama masa pubertas, terjadi lonjakan estrogen di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat ukuran payudara akan membesar secara tiba-tiba.

Menstruasi
Setelah ovulasi, hormon estrogen dan progesteron akan meningkatkan dorongan sirkulasi darah di payudara. Terkadang pula terjadi retensi air yang membuat ukuran payudara membesar.

Kehamilan
Adalah hal yang sangat alami saat ukuran payudara membesar ketika kamu sedang hamil. Sebab saat hamil, terjadi berbagai macam fluktuasi hormon yang salah satunya membuat ukuran payudara membesar.

Ukuran payudara tiba-tiba membesar? 7 Hal ini jadi alasannya

Ilustrasi meremas payudara. ©Thinkstock photos/ Getty Images

Penambahan berat badan
Ketika kamu mengalami penambahan berat badan, terjadi pula penebalan jaringan lemak di payudara yang membuat ukurannya bertambah besar.

Penggunaan pil KB
Penggunaan pil KB bisa menjadi salah satu alasan kenapa ukuran payudara membesar. Hal ini disebabkan karena pil mengandung estrogen yang kemudian meningkatkan ukuran payudara.

Menopause
Masa menopause juga bisa membuat ukuran payudara bertambah. Sebab proporsi jaringan lemak di payudara ikut bertambah.

Benjolan di payudara
Munculnya benjolan di payudara tak jarang ikut membuat ukuran payudara bertambah. Nah, ketika kamu menemukan benjolan mencurigakan ini, jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter.

Kamu merasa ukuran payudaramu bertambah? Jangan panik, sebab bisa jadi salah satu hal di atas menjadi alasannya.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top