Health

Mau Otak Tetap Terjaga Ketajamannya? Lakukan Aktivitas Berikut

Mau Otak Tetap Terjaga Ketajamannya? Lakukan Aktivitas Berikut

Mau Otak Tetap Terjaga Ketajamannya? Lakukan Aktivitas Berikut

Saat berjalan, secara tidak langsung Anda sedang mengeksplorasi lokasi atau lingkungan di sekitar Anda. Hal tersebut dapat membantu otak untuk siap menyerap lebih banyak informasi. (9months.ru)

Seiring bertambahnya usia, maka fungsi otak manusia juga akan menurun sedikit demi sedikit. Jika dibiarkan, tentunya Anda berpotensi besar untuk mengalami demensia atau pikun. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap melatih dan menjaga ketajaman otak, agar ingatan Anda tetap tajam meskipun memasuki usia senja. Dilansir dari laman Indiatimes, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ketajaman memori otak Anda.

Jalan 3 km sehari 
Rutin berjalan bermanfaat untuk menurunkan risiko pikun di kemudian hari. Dan saat berjalan, secara tidak langsung Anda sedang mengeksplorasi lokasi atau lingkungan di sekitar Anda. Hal tersebut dapat membantu otak untuk siap menyerap lebih banyak informasi.

Belajar bahasa
Sebuah studi yang dilakukan peneliti Swedia menunjukkan, belajar sebuah bahasa baru setelah dewasa bisa mengembangkan hippocampus dan cerebral cortex, bagian otak yang dikaitkan dengan pikiran, ingatan, dan aksi. Jadi, cobalah untuk belajar bahasa asing.

Menjaga kualitas tidur
Saat kualitas tidur seseorang terganggu, maka otak pun tidak dapat beristirahat dengan baik. Padahal, ketika tidur sel-sel otak akan aktif bekerja membuang racun yang berpotensi memperlambat kerja otak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup dan juga berkualitas.

Berlatih yoga
Selain baik untuk kesehatan tubuh, studi juga menunjukkan yoga juga bermanfaat dalam meningkatkan ingatan. Sebuah studi tahun 2014 mengungkap yoga yang dimasukkan dalam kombinasi terapi mampu mengembalikan ingatan pada pasien Alzheimer.

Hindari multitasking
Multitasking tidak selalu berdampak baik bagi kesehatan. Faktanya membagi perhatian pada banyak hal membuat otak tak fokus. Sebaliknya, fokus melakukan satu hal dalam satu waktu malah lebih efektif.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top