Health

Makanan Seperti Ini Sebaiknya Dibatasi Saat Lebaran Tiba

Catat! Makanan Seperti Ini Sebaiknya Dibatasi Saat Lebaran Tiba
Catat! Makanan Seperti Ini Sebaiknya Dibatasi Saat Lebaran TibaMakanan seperti apa yang harus dihindari agar terhindar dari gangguan kesehatan? (Foto: iStock)
Jakarta, Lebaran tinggal menghitung hari. Seperti biasa, akan ada banyak sekali makanan yang akan dihidangkan, seperti ketupat, opor ayam, aneka macam kue, dan makanan lainnya. Ini menjadi waktu terbaik untuk mencicipi semuanya.

Tetapi kesehatan tubuh juga harus diperhatikan, jika kesehatan terganggu maka momen hari raya pun akan terganggu. Biasanya yang paling sering terjadi adalah gangguan pada sistem pencernaan.

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyarankan pada saat lebaran untuk tetap konsisten mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Ia juga menekankan bahwa cairan dan serat sangat penting, serat bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Kata Ahli Gizi tentang Asupan Santan dan Gorengan Saat Berbuka

Ia pun menganjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sebab dapat meningkatkan kolesterol. “Susu full cream juga bisa menyebabkan sembelit, karena isinya lemak,” tutur dr Ari saat dihubungi detikHealth, Selasa (13/6/2017).

“Terlalu banyak makan coklat juga ngga baik, kan mengandung lemak,” tambahnya.

Makanan yang mengandung zat purin, seperti jeroan, seafood, atau makanan yang lainnya dianjurkan untuk dihindari. Makanan seperti ini dapat menyebabkan asam urat.

dr Ari juga menyarankan untuk menghindari makanan yang asin. Karena makanan tinggi kadar garam dapat meningkatkan tekanan darah. Ini perlu diperhatikan bukan hanya untuk pasien darah tinggi saja.

“Minum soda boleh saja, tapi jangan berlebihan,” pungkasnya.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Membangkitkan Energi Anda

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top