Health

23 Foto, potret pertumbuhan janin di perut ini benar-benar menakjubkan dan bikin trenyuh

perkembangan janin

Sosok ibu itu hebat!

perkembangan janin

 

Banyak hal di dunia ini yang membuat kita takjub dan bertanya-tanya. Salah satunya adalah bagaimana perkembangan janin dalam perut.

Pernah enggak Kawan Muda penasaran bagaimana sih prosesnya hingga janin itu berubah menjadi bayi?! Atau pernah enggak bertanya-tanya gimana sih proses pembuahan hingga janin terbentuk dan kemudian menjadi bayi?!

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Kita Muda akan mengajak kamu menyaksikan potret pertumbuhan janin di perut yang berhasil diabadikan oleh fotografer Lennart Nilsson.


Lennart membutuhkan waktu 10 tahun lho untuk merekam perkembangan janin dan karyanya pertama kali terbit di majalah LIFE  pada tahun 1965.

Sejak saat itu, publik bisa tahu betapa menakjubkannya proses perkembangan janin dalam perut. Daripada makin penasaran, yuk kita lihat foto-fotonya.

Semua anak itu spesial, karena dari jutaan sperma yang bergerak menuju sel telur, hanya ada satu sel sperma unggul yang bisa menembus dinding sel telur.

via: brightside.me

Nah, ini adalah sel telur dalam rahim perempuan.

via: brightside.me

Inilah momen-momen penting ketika sperma unggul berusaha menembus sel telur.

via: brightside.me

Ketika sperma berhasil masuk inti telur, materi genetik yang dibawanya akan menyatu dengan materi genetik yang dimiliki sel telur.

via: brightside.me

Jika dilihat dari dekat, beginilah wujud sel sperma tadi. Nah, kepala sperma mengandung materi genetik sang ayah.

via: brightside.me

Seminggu kemudian, embrio yang terbentuk dari proses pembuahan tersebut akan bermutasi dan melayang-layang di tuba falopi.

via: brightside.me

Setelah beberapa minggu, embrio yang melayang-layang tadi akan menempel di dinding rahim.

via: brightside.me

Embrio akan berkembang seperti ini dalam 22 hari. Nah, area yang berwarna abu-abu nantinya akan menjadi otak si janin.

via: brightside.me

Jantung janin mulai berdetak pada minggu kelima dan sistem peredaran darah pun mulai terbentuk.

via: brightside.me

Nah, kalau yang ini sudah kelihatan bentuk tubuhnya ya…

via: brightside.me

Setelah lima minggu, Kawan Muda sudah bisa lihat bakal wajah calon bayi nih. Ya, meskipun belum sempurna banget, hehe.

via: brightside.me

Inilah penampakan ketika sel-sel eksterior janin bergabung dengan permukaan dinding rahim untuk membentuk plasenta.

via: brightside.me

Pada minggu ke-8, bentuknya makin kelihatan ya. Di sini sudah mulai terbentuk lubang hidung, bibir, mulut, lidah, tangan dan kaki.

via: brightside.me

Usia 10 minggu. Aw, matanya sudah terbuka. Sudah ada kelopak matanya juga 🙂

via: brightside.me

Pada usia tersebut, calon jabang bayi telah menggunakan tangannya untuk mengenal lingkungan sekitar.

via: brightside.me

Wah, di usia 16 minggu sudah kelihatan banget bentuk bayinya, ya! Eh, tapi kok mirip alien begini :”)

via: brightside.me

Kulitnya masih transparan, pembuluh darahnya kelihatan…

via: brightside.me

Di usia ke 18 minggu, janin sudah bisa mendeteksi mendengar suara dari dunia luar, lho. Kawan Muda bisa ngajak ngobrol dia deh…

via: brightside.me

Minggu ke-19 tangannya sudah bisa gerak-gerak…

via: brightside.me

Rambut pun sudah mulai terlihat saat usianya mencapai 20 minggu.

via: brightside.me

Pada minggu ke-24, keriput pada kulit mulai terbentuk, kelopak mata sudah jelas dan mata sudah bisa terbuka. Sistem pernapasan juga mulai berkembang…

via: brightside.me

Yuhu, usia 6 bulan nih. Tinggal sedikit lagi 🙂

via: brightside.me

Usia jabang bayi dalam perut telah menginjak 36 minggu. Badan terbentuk sempurna dan organ dalam tubuh juga telah berfungsi baik. Tinggal menunggu proses kelahiran :”)

via: brightside.me

Nah, itulah gambaran bagaimana perkembangan janin di dalam rahim. Trenyuh enggak sih saat melihatnya? Kalau lihat ini jadi teringat ibu di rumah deh.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top