Life

Etika Menggunakan Ponsel Saat Upacara Pernikahan

detik

Saat menghadiri upacara pernikahan, tak jarang tamu undangan yang ingin mengabadikan momen sakral tersebut. Kini dengan semakin canggihnya dunia teknologi, orang-orang bisa menggunakan ponsel mereka untuk mengabadikan prosesi upacara pernikahan tanpa harus menggunakan kamera.

Tetapi sebagian orang justru beranganggap bahwa menggunakan ponsel saat berlangsungnya upacara pernikahan dirasa kurang sopan dan tidak menghormati pengantin. Menurut Anindhitya selaku jasa penyelenggara pernikahan Ayodya Wedding, melarang orang untuk menggunakan ponsel tampak menjadi hal yang sulit diterapkan. Karena kini ponsel menjadi satu benda penting yang selalu ada dalam genggaman.

“Jadi yang mungkin bisa dilakukan adalah menggunakan ponsel dalam silent mode agar tidak menganggu tamu lainnya,” ujar Anindhitya saat dihubungi Wolipop, Selasa (30/8/2016).

Ia melanjutkan, terkadang ada beberapa tamu undangan yang saking asyiknya mengambil gambar dengan ponsel sehingga tidak sadar bahwa dirinya menghalangi fotografer resmi pada upacara pernikahan tersebut. Jika hal demikian terjadi, ia dan timnya sebagai wedding organizer hanya bisa menegur halus.

“Kalau fotonya sudah terlalu maju dan menutupi fotografer resminya itu pasti kami tegur tapi kalau nggak terlalu ganggu dan masih wajah ya nggak apa-apa. Mungkin dia orang dekatnya atau saudaranya, karena kan saat pernikahan, di hari itu semua tamu merasa dekat dengan pengantin,” ujar wanita kelahiran 23 Februari itu.

Lebih lanjut wanita yang biasa disapa Dhitya itu mengatakan, tamu yang agak mengganggu jalannya upacara pernikahan bukan tamu yang kerap mengambil gambar dengan ponselnya. Melainkan tamu yang sepanjang acara justru asyik sendiri dengan ponselnya sehingga terkesan kurang menghargai prosesi upacara pernikahan.

Maka sebaiknya saat menghadiri upacara pernikahan, simpanlah ponsel Anda hingga prosesi upacara berakhir. Setelahnya Anda bisa menggunakan ponsel untuk mengabadikan momen sah pengantin sebagai pasangan suami-istri. Jangan lupa pula aktifkan mode diam pada ponsel agar tidak menganggu jalannya acara. (asf/asf)

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top