Bisnis

“Masyarakat Jangan Berharap Tiba-tiba Dapat Rumah”

kompas

Kewajiban pemerintah adalah melayani masyarakat, termasuk mengakomodasi kebutuhan perumahan.

Hingga 2015, menurut data Biro Pusat Statistik (BPS) terdapat backlogatau kebutuhan rumah yang belum terpenuhi sebanyak 11,4 juta unit.

Backlog sebanyak itu, tentu saja, tak bisa seluruhnya dipenuhi Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) sebagai perpanjangan tangan pemerintah.

Dibutuhkan bantuan pihak-pihak lain, termasuk pengembang, perbankan, dan masyarakat sendiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah.

“Masyarakat kita misalnya kalau mereka ingin punya rumah, harus menabung. Jangan mengharapkan tiba-tiba dapat rumah,” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan perumahan Maurin Sitorus saat Diskusi Media Prospek SSB dan BUM dalam Mendukung Percepatan Program Sejuta Rumah, di Hotel Ambhara, Senin (29/8/2016).

Dari seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan rumah, Maurin mengatakan, Kementerian PUPR hanya bisa membantu 40 persen, yakni untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jumlah ini setara dengan sekitar 100 juta penduduk.

Sebanyak 20 persen masyarakat yang butuh rumah berada di lapisan menengah ke atas sehingga tidak darurat bantuan pemerintah. Sementara 10 persen penduduk yang sangat miskin ditangai oleh Kementerian Sosial.

Untuk itu, selain pemerintah pusat, kekurangan rumah ini hanya bisa ditangani dengan keterlibatan pemerintah daerah, pengembang, perbankan, dan masyarakat.

“Jangan sampai MBR atau di bawahnya lagi merasa semua kewajiban ada di pemerintah, tidak demikian,” sebut Maurin.

Keterlibatan masyarakat selain menabung, tambah dia, adalah dengan mencicil rumah tersebut melalui kredit pemilikan rumah (KPR).

Pasalnya, jika masyarakat tidak mencicil ke bank, maka kinerja non-perfroming loan (NPL) bank bisa meningkat hingga masuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemungkinan terburuknya, bank bisa ditutup.

“Sehingga tidak bisa disalahkan juga kalau bank syaratnya sulit,” jelas Maurin.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top