Health

Kenapa puting dan penis warnanya lebih gelap dari organ tubuh lain?

750xauto-kenapa-puting-dan-penis-warnanya-lebih-gelap-dari-organ-tubuh-lain-170111a

Sepele sih, tapi kamu wajib tahu.
foto: daily mail

Brilio.net – Tuhan selalu punya alasan yang keren ketika Dia menciptakan sesuatu. Hal itu berlaku juga ketika Tuhan menciptakan manusia dengan semua anatomi tubuhnya. Meski kadang alasan Tuhan tersebut masih menjadi rahasia tersendiri bagi manusia, di sinilah rasa ingin tahu menusia harus digunakan untuk meneliti dan memecahkan rahasia tersebut.

Seperti ketika kamu bertanya-tanya ketika berkaca, kenapa warna kulit di bagian puting dan penis pada umumnya lebih gelap dibanding warna kulit di bagian tubuh lain. Kira-kira apa jawabannya ya?

Menurut penelitian ahli, seperti yang dilansir brilio.net dari Daily Mail, Selasa (10/1), warna yang lebih gelap tersebut terjadi pada saat masa pubertas. Saat puber, hormon seksual di tubuh merangsang produksi melanin yang punya pengaruh langsung pada rambut dan warna kulit.

“Hasilnya penis dan puting pada pria dan areola (area sekitar puting susu) dan labia pada wanita menjadi lebih gelap,” ujar seorang ahli.

Lebih lanjut, seorang dermatologis dari Columbia University, Dr Lindsey Bordone mengatakan itu adalah proses yang natural.

“Saat gadis berusia muda, puting mereka berwarna cerah dan saat mereka bertumbuh, hormon-hormon memengaruhi warna puting menjadi lebih gelap, begitu juga pada laki-laki,” terang Bordone.

Meski begitu, kamu juga harus mewaspadai perubahan warna kulit di daerah tubuh tertentu menjadi lebih gelap, karena menurut Bordone, hal itu juga menjadi tanda adanya penyakit serius.

“Kulitmu bisa menjadi lebih gelap di area tertentu ketika kadar gula darahmu sangat tinggi dan dan kamu sedang menuju fase terkena penyakit diabetes,” tutup Bordone.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top