Wow

Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa

Tontaipur anggotanya sangat hebat [Image Source]

Kopassus bukanlah satu-satunya satuan elit angkatan darat yang dipunyai Indonesia. Ya, masih ada satu lagi pasukan spesial TNI-AD yang mungkin namanya jarang dikenal, tapi keahliannya juga luar biasa. Bahkan mungkin lebih greget dari Kopassus sendiri. Nama pasukan ini adalah Tontaipur yang artinya Peleton Intai Tempur.

Satuan satu ini nggak begitu dikenal karena jumlah anggotanya begitu sedikit. Tapi, meskipun sedikit, Tontaipur ibarat hornet di antara sekawanan lebah. Tahu hornet, kan? Lebah raksasa yang jumlahnya sedikit tapi sekali menyerang bisa membunuh ratusan ribu lebah. Sedikit tapi sangat mematikan.

Tontaipur terkonsentrasi di ranah darat. Alhasil, mereka sangat ahli di bidang ini lebih dari pasukan elit lainnya di Indonesia. Nah, masih tentang si pasukan elit satu ini, berikut adalah fakta-fakta sangar Tontaipur yang pasti bikin kamu bangga.

Tontaipur Isinya Adalah Manusia-Manusia Luar Biasa

Sama seperti pasukan elit lainnya, kualifikasi anggota Tontaipur ini lebih dari tentara biasa. Untuk bisa masuk ke dalamnya, seorang tentara harus menyanggupi syarat-syarat tertentu yang sangat berat. Mulai dari kemampuan fisik sampai inteligen.

Tontaipur anggotanya sangat hebat [Image Source]

Tontaipur anggotanya sangat hebat [Image Source]

Tontaipur sendiri isinya adalah anggota Kostrad yang terpilih melalui sebuah seleksi ketat dan berturut-turut. Setelah itu, masih dipilih-pilih lagi sehingga melahirkan anggota-anggota yang benar-benar berkualitas tinggi. Salah satu alasan kenapa Tontaipur anggotanya sedikit ya karena seleksi yang begitu ketat ini.

Tontaipur Cuma Sedikit Tapi Benar-Benar Menggigit

Tontaipur memang hanya terdiri dari segelintir orang per angkatan, tapi bukan berarti mereka ecek-ecek. Meskipun hanya sedikit jumlah anggotanya, mereka itu benar-benar sangat mematikan. Kalau boleh diumpamakan, satu anggota Tontaipur mungkin sama hebatnya seperti 10-20 tentara biasa.

Sedikit tapi menggigit [Image Source]

Sedikit tapi menggigit [Image Source]

Jumlahnya yang sedikit sebenarnya adalah faktor yang disengaja. Gagasan ini berawal dari pengalaman para pendahulu TNI yang mengatakan jika dalam beberapa misi tertentu jumlah anggota yang sedikit jauh lebih efektif dan mematikan. Tapi konsekuensi dari jumlah yang sedikit ini adalah para anggotanya harus punya skill yang jauh lebih hebat. Kemudian dari gagasan tersebut tercetuslah Tontaipur.

Menengok Ngerinya Latihan Tontaipur

Setelah seleksi yang begitu ketat dan luar biasa, para anggota Tontaipur harus mengikuti sejumlah latihan-latihan untuk memantapkan skill mereka. Diketahui setidaknya ada empat tahap latihan yang harus mereka lakukan untuk menjadi seorang Tontaipur sejati.

Latihan gila Tontaipur [Image Source]

Latihan gila Tontaipur [Image Source]

Tahap pertama berupa latihan tempur di alam. Latihan ini bentuknya mirip simulasi perang dengan medan pertempuran berupa hutan atau pegunungan. Tahap selanjutnya adalah latihan intelijen. Di sini para anggota Tontaipur diajarkan rahasia-rahasia soal intelijen tempur. Tahap selanjutnya adalah latihan teknik tempur bawah air. Katanya di latihan ini mereka bekerja sama dengan para anggota Kopaska. Dan latihan yang terakhir adalah simulasi tempur yang menggabungkan semua latihan sebelumnya. Sungguh luar biasa! Tentara biasa pasti bakal ampun-ampunan dengan menu latihan macam begitu.

Tontaipur, Jago Darat tapi Menguasai Tri Matra

Tointaipur secara umum memang ditempatkan di darat. Meskipun begitu, bukan berarti mereka nggak punya keahlian laut dan udara. Tontaipur diketahui sangat cakap hampir di semua tempat atau istilah militernya mereka menguasai apa yang dinamakan dengan Tri Matra.

Tontaipur menguasai Tri Matra [Image Source]

Tontaipur menguasai Tri Matra [Image Source]

Kenapa mereka bisa begitu, jawabannya jelas karena latihan. Mereka memang sering berdampingan dengan pasukan-pasukan elit lainnya agar bisa menguasai skill yang sama, baik di ranah udara maupun laut. Kemampuan Tri Matra Tontaipur ini pun membuat mereka bisa digabungkan di unit mana pun ketika dibutuhkan.

Tontaipur Dimanjakan dengan Alutsista Terbaik

Nggak hanya skill yang membuat Tontaipur itu sangar, tapi juga dukungan alutsista yang mereka punyai. Selama ini Tontaipur selalu diservis dengan deretan alutsista nomor wahid yang dimiliki republik ini. Mulai dari senjata-senjata tempur terbaik, sampai perlengkapan perang lain macam body armor nomor satu dan night vision.

Tontaipur didukung alutsista terbaik [Image Source]

Tontaipur didukung alutsista terbaik [Image Source]

Nggak hanya terbatas senjata dan perlengkapan tempur, mereka ini juga didukung oleh kendaraan-kendaraan perang terbaik. Alhasil, Tontaipur pun benar-benar sangat mematikan. Ibaratnya mereka ini mewakili kekuatan militer Indonesia itu sendiri. Mereka sangat komplit dan mematikan. Ada ujaran yang mengatakan kalau Indonesia sebenarnya cukup mengirim Tontaipur saja ketika terjadi perang. Mereka pasti bisa menang karena kemampuan lengkap yang dimilikinya.Indonesia hari ini ada di peringkat 14 dunia. Sebuah capaian luar biasa yang nggak mudah untuk diraih. Dan uniknya faktor yang membuat Indonesia bisa sehebat ini bukan melulu karena alutsista, tapi lantaran tentaranya. Ya, termasuk Tontaipur ini. Kehadiran mereka menambah gregetnya militer Indonesia. Bangga!

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top