Wow

5 Mitos Kuno yang Sulit Dipercaya Di Zaman Modern

 

Mitos merupakan suatu kepercayaan dimana belum diketahui tentang benar atau salahnya. Ada ribuan mitos yang ada di dunia ini, mulai tentang kehidupan sehari-hari sampai yang berbau mistis. Namun seiring berjalannya waktu, mitos-mitos kuno mulai sulit dipercaya masyarakat modern. Pasalnya jika dipikir secara logika, hal-hal semacam itu memang sulit untuk dinalar.

Seperti beberapa mitos kuno berikut ini yang sulit dipercaya di zaman sekarang,

1. Kipas menyala saat tidur bisa membunuhmu

Salah satu nikmat duniawi yang bisa dirasakan manusia adalah menyalakan kipas angin ketika musim panas. Apalagi kalau kipas tersebut terus memberikan kesejukan selama kita tidur. Namun menurut beberapa orang, menggunakan kipas angin ketika tidur itu berbahaya, bahkan bisa membunuh seseorang.

Keyakinan ini berdasarkan pada angin benar-benar akan meniup oksigen keluar ruangan, menyebabkan orang tersebut tercekik di dalam ruangan. Benarkah ?

2. Anjing buta warna

Salah satu film yang mengangkat tema tentang anjing dan kucing menceritakan bahwa seekor anjing buta warna. Mungkin dari sinilah banyak orang yang percaya bahwa anjing hanya dapat melihat warna hitam dan putih.

Menurut beberapa penelitian, anjing sebenarnya dapat melihat warna layaknya manusia. Namun dalam kasus ini warna yang terlihat tidak seterang seperti manusia.

3. Petir tidak menyambar dua kali di satu tempat

Entah dari mana teorinya, ada ungkapan yang menyatakan bahwa petir tidak akan menyambar dua kali pada tempat yang sama. Sehingga ketika Anda melihat petir, Anda tinggal berada di tempat sambaran tersebut.

Namun jika Anda berada di lapangan luas dan cuaca sedang tidak bersahabat, Anda bisa disambar berulangkali karena tubuh Anda merupakan titik paling tinggi. Masih percaya mitos ? Gedung Empire State Building di New York bahkan disambar sampai 25 kali.

4. Uang logam yang jatuh bisa membunuh orang yang tertimpa

Bagaimana mungkin uang logam yang beratnya tak seberapa bisa membunuh seseorang. Mitos ini juga berdasarkan teori fisika dimana uang logam yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu, maka uang logam itu akan mencapai suatu kecepatan yang cukup untuk membunuh orang di bawahnya.

Faktanya memang uang logam yang mengenai kepala dapat membuat seseorang merasa nyeri. Namun tidak akan seberbahaya itu.

5. Fungsi sebenarnya punuk unta

Sejak SD kita diajari bahwa punuk untuk berfungsi sebagai penyimpan cadangan air. Unta merupakan hewan yang hidup di tempat yang minim air. Sehingga Tuhan memberikan anugrah berupa ketahanan fisik yang super kuat sehingga seekor unta dapat bertahan tanpa minum selama berbulan-bulan.

Banyak yang mengira bahwa cadangan air disimpan di punuk unta. Dilansir dari The Richest, ternyata cadangan air unta disimpan di salah satu bagian perutnya. Sementara punuk tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan lemak yang sewaktu-waktu bisa dikonsumsi saat kekurangan makanan.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top