Entertainment

Tipe-Tipe Orang Ketika Diberikan Uang Lebaran

Sebentar lagi, adalah saat yang kita tunggu-tunggu. Tepat pada hari lebaran nanti kita bakal makan besar dan bertemu keluarga besar (baca: uang besar). Momen silaturahmi menjadi tidak asing lagi bagi kita yang sudah sebulan penuh berjuang menahan emosi dan nafsu duniawi di bulan Ramadhan. Nah, dari respon menerima amplop lebaran, kita bisa tahu sindikat tipe-tipe sepupu atau saudara kita. Berikut ulasannya.

Tipe Pemalu

Orang yang satu ini suka kelihatan nunduk dan malu-malu kalo nerima amplop lebaran. Biasanya dia bakal buang muka sambil menyembunyikan semburat merahnya, karena kalau tidak, dia bakal nonjok si Abah gara-gara kesenengan dapet duit.

via wikihow.com

Abis itu, biasanya dia nyimpen amplop buru-buru di kantongnya dan bersikap seolah-olah gak ada apa-apa. Dia malu menunjukkan kebahagiaannya. Sodara kalian ini bakal cepet-cepet duduk, makan nastar, sambil maen hape. (Biasanya sih cewe nih).

Tipe Jagoan

Tipe jagoan ketika menerima amplop lebaran bakal berdiri, membusungkan dada, dan berkata, “Aku gak terlalu membutuhkan uang ini. Seharusnya Abah memberikan pada yang kurang mampu.”

via blackstar040.blogspot.com

Abis itu dia ditonjokkin sama-sama.

Orang ini biasanya bakal menunjukkan mimik seolah-olah dia gak butuh duit dengan dagu terangkat. Bukannya gak butuh, cuma kondisinya hampir sama kayak Tipe Pemalu yang bakal nonjok muka Abah-nya gara-gara kesenengan dikasih duit.

Tipe Penjilat

Ini biasanya yang paling rempong waktu lagi pada ngumpul. Dia bakal sok sibuk nyiapin minuman, salamin tante, om, ibu, ayah, kakek, nenek, eyang, sampe lupa pake celana (eh, salah). Mungkin dia ingin terlihat yang paling dewasa sehingga bisa mendapat uang yang paling banyak di antara adik-adiknya yang masih kecil.

Gak cuman di awal, biasanya abis dikasih uang dia bakal peluk-peluk para orangtua sambil sujud-sujud biar tahun depan dikasih mobil dalam amplop. Biasanya sepupu lo ini gak punya temen.

Tipe Keras Hati

Tipe keras hati gak bakal mau bergerak dari antrean depan sampe dia dapet amplop Spongebob yang dia mau. Kalo amplopnya warna putih atau emas, dia bakal suruh si Abah buat beli dulu amplop gambar Spongebob di toko kelontong. Kalo nggak, antrean bakal makin panjang dan hari lebaran akhirnya diulur sampai satu minggu untuk mencetak ulang gambar pada amplop.

via bukalapak.com

Ini bocah biasanya gak peduli isi uangnya berapa (soalnya dia belom tahu duit). Yang penting amplopnya bisa dia guntingin polanya, dia tempel di buku gambar, terus nunjukkin ke temen-temennya di sekolah, “Eh-Eh, aku dapet amplop Spongebob, dong..!”

Tipe Perfeksionis

Hampir sama kayak tipe keras hati, orang yang perfeksionis bakal memilih amplop yang terlihat lebih bersih dan (menurut pertimbangannya) paling tebal. Padahal biasanya yang tebal isinya lima ratusan gambar orangutan sepuluh lembar. Udah dikasih, tiba-tiba dia liat-liat di tangan si Abah buat pilih amplop yang lebih besar dan padat.

Abis itu dia bakal pergi dengan muka bangga sambil menjaga amplop itu dengan sepenuh hati. Takutnya pas dibuka di rumah, amplop itu ternyata isinya bon utang si Abah buat bayar sapi sembelihan lebaran kemaren.

Tipe Koruptor

Calon koruptor adalah orang yang gak pernah puas sama rezeki yang udah dikasih. Orang ini biasanya yang paling licik di antara sodaranya yang lain. Pertama kali dia masuk rumah, dia bakal pake baju putih bersih dan peci hitam keemasan. Lalu ketika antrean masih panjang, dia bakal lari ke kamar mandi buat ganti baju dan pake kumis palsu ikutan ngantre di belakang.

Udah dapet dua kali biasanya dia tetep belom puas. Orang ini bakal ke belakang lagi, ngambil jilbab si Emak di lemari, terus dia ngantre di belakang lagi sambil pake lipstik biar gak ketahuan.

Tipe Jomblo

Semoga tipe yang terakhir ini gak ada di keluarga kalian.

Sejak dateng pertama kali, dia gak bawa gebetan dan mengalunkan senandung “Munajat Cinta” sepanjang jalan ke rumah si Abah. Sodaranya yang lain pada salam-salaman, dia tetep duduk di bawah pohon sambil meminta yang terbaik sama Allah.

via kutudrama.com

Waktu dibagiin amplop lebaran, dia ngantre paling belakang, menganggap semua ini tidak ada artinya tanpa dirimu. Pas udah dapet uang, menjelang sore hari dia bakal pergi ke mall terdekat untuk beli bantal. Bantal itu bakal dipake pas malem buat melindungi diri dari gelora kerinduan yang teramat dalam. Pagi-pagi pas mau pulang dari rumah si Abah biasanya ditemukan mulutnya berbusa karena minum racun tikus beberapa jam yang lalu.

Jadi, kamu tipe yang mana nih?

 

 

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top