Fun

Si Kucing Gembul yang Kerap Jadi Meme, Akhirnya Dibuatkan Patung di Turki

Si Kucing Gembul yang Kerap Jadi Meme, Akhirnya Dibuatkan Patung di Turki

Wahyu Setyo Widodo – detikTravel – Jumat, 07/10/2016 18:10 WIB

Istanbul – Mungkin traveler pernah melihat kucing gembul bernama Tombili yang kerap jadi meme di sosial media. Akhirnya, dia dibuatkan patung untuk mengenang kematiannya.

Barangkali Tombili, adalah kucing yang paling populer di dunia maya, setelah The Grumpy Cat. Wajah Tombili menghiasi berbagai situs guyonan, dari mulai 9GAG, Reddit, dan masih banyak yang lainnya. Banayk meme yang dibuat dengan menggunakan wajah Tombili.

Pose Tombili yang paling terkenal tentu saja pose bersandar satu kaki, layaknya manusia yang sedang bersantai. Pose ini kemudian di Photoshop dengan berbagai gaya dan langsung menjadi viral di sosial media.

Tombili pun jadi kucing paling terkenal di kampung halamannya di jalanan Kota Istanbul, Turki. Namun sayang, ketenaran Tombili tidak berlangsung lama karena ajal menjemputnya pada 1 Agustus lalu. Sebuah pengumunan bahkan sampai ditempel di berbagai lokasi untuk mengumumkan kepergian Tombili.

“Kamu akan selalu hidup di hati kami. Maskot jalanan kita, Tombili yang sangat kita cintai, akhirnya harus menutup mata untuk selamanya pada 1 Agustus, setelah sebulan lebih berjuang untuk hidup,” begitu bunyi pengumuman yang diunggah warga Istanbul bernama Yakup Yunseler di Instagram.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (7/10/2016), petisi online pun diluncurkan untuk mendorong pemerintah Kota Istanbul agar mengabadikan Tombili dalam bentuk patung. Menurut media lokal Turki, petisi ini sudah ditandangani hingga 17.000 orang.

Tombili semasa hidup (Anadolu Kedisi/Facebook)Tombili semasa hidup (Anadolu Kedisi/Facebook)

Gayung pun bersambut, Pemerintah Kota Istanbul akhirnya membuatkan patung perunggu untuk mengenang Tombili. Patungnya pun dibuat dengan pose yang sama persis saat Tombili terkenal di dunia maya. Pose bersender santai di sebuah trotoar jalanan Kota Istanbul.

Patung perunggu Tombili tersebut diresmikan pada Selasa (4/10), bertepatan dengan perayaan Hari Satwa Sedunia. Kini, Patung Tombili jadi buruan wisatawan yang ingin selfie-selfie dengan kucing Gembul ini saat liburan ke Turki.

Kalau tidak sempat foto dengan Tombili semasa hidup, berfoto dengan patungnya pun juga tak apa. Siapa tahu Tombili akan seterkenal Patung Hachiko di Jepang.

Kini Tombili diabadikan menjadi patung untuk menarik wisatawan (Anadolu Kedisi/Facebook)Kini Tombili diabadikan menjadi pa
Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top