Galeri

5 Pasar Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli, pasar memiliki peranan penting dalam masyarakat. Bagi penjual, mereka bisa mendapatkan uang dengan menjual barang dagangannya. Sementara pembeli bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pasar, mulai pasar tradisional sampai pasar modern atau biasa disebut mall. Selain itu, ada juga pasar unik yang berbeda dari lainnya, seperti bentuk pasarnya maupun cara bertransaksinya. Nah, berikut ini merupakan pasar-pasar unik yang hanya ada di Indonesia.

1. Pasar Terapung, Kalimantan

Kalimantan terkenal dengan banyaknya sungai yang ada disana. Menyadari hal itu, masyarakat setempat memanfaatkan sungai sebagai tempat bertransaksi. Adalah pasar terapung yang berada di Sungai Barito, Banjarmasin. Segala bentuk jual beli yang ada disini dilakukan di atas air menggunakan perahu yang disebut jukung.

Barang yang dijual merupakan hasil pertanian maupun ikan. Menariknya lagi, masih ada sistem barter yang bisa anda temukan disini.

2. Pasar Bisu, Sumatera Barat

Meski namanya pasar bisu, bukan berarti tempat ini menjadi arena bertemunya orang bisu. Pasar Bisu merupakan tempat jual beli hewan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing. Mengapa dinamai pasar bisu ?

Ternyata alasannya karena setiap penjual tidak mengetahui harga dagangannya. Hal ini terjadi karena dalam proses transaksi dengan pembeli, si penjual akan berjabat tangan di bawah penutup seperti sarung maupun kain.

Jabat tangan itu merupakan kode dalam hal tawar menawar. Inilah mengapa harga hewan disini pasti berbeda-beda.

3. Pasar Ubud, Bali

Sebenarnya hampir tidak ada hal yang aneh dalam pasar ini. Namun jika kamu perhatikan dengan seksama, Pasar Ubud yang berada di Bali ini memiliki keunikan tersendiri.

Pasar ini dibagi menjadi dua bagian. Satu sisi menjual produk-produk kesenian khas Bali, di satu sisi menjual sayur mayur dan sembako. Keunikan inilah yang membuat turis lokal maupun mancanegara menyempatkan mampir di Pasar Ubud.

4. Pasar Tomohon, Sulawesi Utara

Bagi kamu yang menyukai olahan daging, mungkin Pasar Tomohon ini wajib kamu kunjungi. Disini menjadi surganya daging karena semua daging yang bisa diolah ada disini. Tak hanya daging sapi atau kambing saja, tetapi ada juga daging tikus, babi, ular, kelelawar, sampai kucing sekalipun.

Keberadaan Pasar Tomohon ini dipengaruhi oleh Suku Minahasa. Sebagai yang kita ketahui, suku tersebut memang menyukai segala jenis daging. Selama daging itu bisa diolah, mereka akan memakannya.

5. Pasar Triwindu, Jawa Tengah

Dibandingkan dengan pasar-pasar unik lainnya, mungkin Pasar Triwindu ini yang paling terkenal. Bahkan kepopulerannya sudah sampai mancanegara. Apa yang membuat pasar yang berada di Solo ini terkenal ?

Ternyata pedagang disini menjual barang-barang antik, seperti uang kuno, alat transportasi kuno, dan lain-lain. Keberadaan benda antik tersebut membuat sejumlah turis rela datang jauh-jauh hanya demi mendapatkan barang langka.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top