Wow

5 Hal yang Dilarang di Indonesia Tetapi Diperbolehkan di Luar Negeri

Setiap negara memiliki aturannya masing-masing yang harus dipatuhi warganya sendiri maupun warga asing yang tinggal. Tak terkecuali di Indonesia, negara yang menjunjung tinggi nilai sopan santunnya. Banyak aturan ditetapkan pemerintah demi kebaikan masyarakatnya sendiri. Seperti dilarang memakai atau menyimpan narkoba, mencuri, ‘kumpul kebo’, dan lain-lain.

Anehnya, hal-hal yang dilarang di Indonesia justru diperbolehkan di negara-negara tertentu. Seperti di Spanyol yang memperbolehkan masyarakatnya berjalan tanpa busana. Tentu saja tindakan seperti ini dilarang keras apabila dilakukan di Indonesia. Selain itu apalagi ya hal-hal yang dilarang di Indonesia tetapi legal di luar negeri?

1. Mengendarai tank

Tank adalah kendaraan berat yang biasanya ditemui di medan perang. Kendaraan ini umumnya dipakai tentara untuk melawan musuh. Namun di Inggris, masyarakat umum diperbolehkan mengendarainya, bahkan memiliki mobil baja tersebut.

Syarat untuk memiliki tank cukup sederhana. Anda hanya disuruh menonaktifkan senjata dan memasang tapak karet pada roda. Hmm, sekarang anda tahukan mengapa Film Fast & Furious 6 mengambil lokasi syuting di Inggris.

2. Memasang pelontar api di mobil

Blaster adalah sebuah produk pleontar api yang diperbolehkan di pasang pada mobil apabila anda sedang berada di Afrika Selatan. Negara paling selatan dari Benua Afrika ini secara terang-terangan mengizinkan masyarakatnya memasang benda tersebut.

Pemerintah Afrika Selatan bukannya tanpa alasan mengenai aturan tersebut. Tingginya kasus pencurian mobil di negara ini yang membuat aturan pelontar api akhirnya disahkan.

Bagi mobil yang kedapatakan dimasuki orang asing, pemilik bisa mengaktif blaster untuk melontar api sejauh 20 meter. Meski begitu, alat ini cuma sekedar ‘membutakan’ pelaku dan tidak akan membunuhnya.

3. Menikahi anjing

Aturan aneh ini ada di India dan masih simpang siur keberadaannya. Menurut sejarahnya, ada seorang pria asal New Delhi yang kerap menyiksa dua ekor anjing peliharaannya. Hingga suatu hari ia terkena penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Peramal lokal mengatakan bahwa hanya ada satu cara untuk membebaskan pria itu dari kutukan. Caranya adalah dengan menikah dengan anjing. Anehnya lagi, keluarga pria itu setuju dan segera melangsungkan pernikahan mewah layaknya pernikahan pada umumnya.

4. Menjual ginjal

Manusia memang masih mampu bertahan hidup meski hanya memiliki satu ginjal. Namun menjual ginjal sebenarnya tidak dianjurkan meski juga tidak dilarang. Di negara Iran tak sedikit dari penduduknya yang rela menjual ginjalnya sendiri. Hal ini diklaim karena faktor ekonomi.

Meski begitu, setidaknya dari legalnya penjualan ginjal di Iran membuat pihak rumah sakit tak perlu kerepotan untuk mendapatkan ginjal.

5. Berjalan tanpa busana

Jika anda berkunjung ke Spanyol, jangan heran apabila mendapati seseorang tanpa busana berjalan seenaknya. Ya, berjalan di tempat umum dengan pakaian yang minim memang diperbolehkan di Negeri Matador.

Aturan ini telah berlaku sejak tahun 1978. Menurut mereka, berjalan tanpa busana termasuk hak asasi manusia yang tidak seharusnya dilarang.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top