Bisnis

4 Proyek Mustahil yang Sudah Menelan Dana Fantastis

 

Kemajuan zaman bisa kita ketahui dengan mudah. Salah satunya adalah bangunan yang semakin megah dan menjulang tinggi. Contohnya saja di Jakarta, dari sejauh mata memandangan hanya tertutup oleh bangunan yang seolah bersaing siapa yang paling tinggi.

Itu hanya di Indonesia, bagaimana dengan lima negara berikut ini. Mereka rela menggelontorkan dana super fantastis hanya untuk membuat satu proyek saja. Seberapa mewah sih proyek tersebut ?

1. Jembatan Teluk Jiaozhou, China

Jika di Indonesia ada Jembatan Suramadu yang membentang di atas Selat Madura, di China juga ada jembatan panjang di atas air. Jembatan itu bernama Teluk Jiazhou dengan panjang 26 mil. Dengan adanya jembatan megah ini anda hanya membutuhkan waktu setengah dari perjalanan China Timur ke Pulau Huangdao.

2. Jalur Riyadh Metro, Saudi Arabia

Zaha Hadid, arsitek terkenal asal Inggris saat ini sedang berusaha keras menyelesaikan proyeknya. Proyek tersebut adalah jalur kereta yang diberi nama Riyadh Metro. Jalur ini memiliki panjang 105 mil dan telah menghabiskan dana sebesar Rp 306 triliun. Jika tidak ada halangan, proyek ini akan dibuka pada tahun 2019 nanti.

3. Terowongan bawah laut, Norwegia

Norwegia berhasil membuat terowongan terapung pertama di dunia. Dengan biaya mencapai Rp 323 triliun, terowongan ini berada di Selat Sognefjord. Pengguna mobil bisa menggunakan terowongan ini, sementara kapal akan berlayar di atasnya.

4. Kota Metropolitan, Norwegia

Sadar bahwa gempa mampu menghancurkan segalanya, pemerintah Turki mencoba mengembangkan ide gila. Adalah Kota Metropolitan yang digadang-gadang mampu tahan terhadap gempa.

Untuk mewujudkan hal itu, setidaknya 7 juta bangunan harus dimusnahkan. Tentu saja proyek ini membutuhkan dana yang tak masuk akal, yakni mencapai Rp 5.254 triliun. Jika benar adanya, maka kota ini akan mulai beroperasi pada tahun 2032.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top