Galeri

15 Potret hewan purba terbesar ini pasti bikin kamu melongo

Kalajengking laut raksasa panjangnya sekitar 2,5 meter.

Brilio.net – Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar hewan purba? Tak sedikit dari kamu pasti akan menyebutkan nama hewan berukuran besar dan memiliki taring: dinosaurus. Pikiran tersebut tak salah. Hewan purba memang cenderung memiliki ukuran yang besar, meskipun tidak semuanya.

Sebelum ada peradaban manusia, hewan-hewan di bumi ini cenderung memiliki ukuran yang besar atau raksasa. Kendati demikian, banyak di antara hewan tersebut yang punah sebelum muncul peradaban manusia. Dilansir dari The Richest, Selasa (14/2) disebutkan bahwa lebih dari 99 persen dari 5 miliar spesies yang pernah ada di bumi punah. Spesies yang punah tergolong hewan yang besar, menakutkan dan predator.

Kira-kira hewan apa saja? Brilio.net merangkum hewan purba terbesar untuk kamu. Berikut 15 potret hewan purba terbesar dikutip dari The Richest. Ukurannya bikin melongo!

 

1. Titanoboa Cerrejonensis.


Penemuan hewan berjenis ular bernama Titanoboa Cerrejonensis ini dianggap sebagai ular terbesar hingga tahun 2009. Ular raksasa ini hidup pada 60 hingga 58 miliar tahun silam. Jenis spesies ular terbesar ini masih menjadi perdebatan bagi para ilmuwan. Diklaim, ular raksasa ini memiliki panjang hampir 13 meter.

 

2. Gigantophis.


Masih menjadi perdebatan jenis ular raksasa apa yang paling besar? Selain Titanoboa Cerrejonensis, peneliti lain memiliki pendapat berbeda. Peneliti tersebut menilai ada ular purba selain Titanoboa Cerrejonensis yang juga besar dan mematikan, yaitu Gigantophis.

 

3. Arctodus Simus.


Arctodus Simus adalah hewan beruang yang memiliki muka pendek. Beruang ini telah ada pada zaman Pleistosen di Amerika Utara. Beruang bermuka pendek ini termasuk dalam mamalia karnivora terbesar. Akan tetapi beruang Arctodus Simus telah punah pada 10.900 SM.

4. Pliosaurus Funkei.


Kerangka dari Pliosaurus Funkei ini ditemukan di Norwegia selatan dan telah disimpan di Universitas Oslo Natural History Museum. Pencarian dan penggalian fosil dari hewan purba ini membutuhkan waktu 8 tahun. Hewan raksasa di lautan ini tergolong predator. Ukurannya diperkirakan sekitar 10 hingga 12 meter.

 

5. Spinosaurus.


Spinosaurus adalah kadal raksasa dengan genus Theropoda dinosaurus. Spinosaurus ditemukan di kawasan Afrika Utara sekitar 97 hingga 112 miliar tahun lalu. Kadal raksasa ini berukuran 12-18 meter. Meski menyerupai kadal, ada yang berpendapat bahwa Spinosaurus cenderung menyerupai buaya modern.

 

6. Meganeura.


Meganeura merupakan serangga purba yang telah punah sekitar 300 juta tahun lalu. Fosil Meganeura ini pertama kali ditemukan tahun 1880 di the French Stephanian Coal Measures of Commentry. Meganeura diklaim sebagai serangga raksasa dari ukuran jaringan vena pada bagian sayapnya.

 

7. Shantugosaurus.


Nama spesies Shantugosaurus adalah Shandong lizard karena ditemukan di kawasan Kapur Wangshi, China oleh Kelompok Shandon Peninsula. Shantugosaurus ini tergolong hewan purba raksasa karena fosil pada tulang paha saja berukuran 1,7 meter. Sedangkan panjang kerangka berukuran hingga 15 meter. Selain itu, hewan ini memiliki gigi kecil dan tajam yang banyak.

 

8. Josephoartigasia Monesi.


Josephoartigasia Monesi adalah hewan purba jenis pengerat terbesar. Ukurannya sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter. Hewan ini telah punah pada 2-4 juta tahun lalu. Ukuran tengkoraknya saja mencapai 21 cm dengan gigi seri 0,3 meter. Josephoartigasia Monesi termasuk dalam hewan predator.

 

9. Dromornis Stirtoni.


Dromornis Stirtoni adalah burung yang kerap di daratan. Tinggi dari Dromornis Stirtoni ini sekitar 3 meter dengan leher panjangnya. Selain memiliki tinggi, pergerakan dari Dromornis Stirtoni ini sangat lincah dan gesit. Burung darat ini diklaim hidup sekitar 30.000-8 miliar tahun silam. Hewan ini berkembang di kawasan Benua Australia.

 

10. Argentavis Magnificens.


Argentavis Magnificens pada masanya termasuk dalam burung terbang terbesar. Hal tersebut diperkuat dengan ukuran sayapnya yang mencapai 4-6 meter.

 

11. Arthropleura.


Arthropleura adalah kaki seribu raksasa yang hidup lebih dari 300 juta tahun lalu. Arthropleura ditemukan di kawasan Skotlandia dan Amerika Utara.

 

12. Jaekelopterus.


Kalajengking laut raksasa bernama Jaekelopterus ini telah hidup selama 400 juta tahun lalu. Ukuran dari kalajengking raksasa ini sekitar 2,5 meter. Kalajengking ini biasa hidup di danau air tawar dab sungai.

 

13. Stupendemys.


Salah satu hewan purba di lautan ada Stupendemys. Penyu rakasasa ini ditemukan di Amerika Selatan dan diperkirakan berusia 6 juta tahun lalu. Ukuran penyu ini tak seperti penyu sekarang, yaitu sekitar 1,8 meter.

 

14. Sarcosuchus.


Sarcosuchus adalah buaya purba yang diperkirakan hidup sekitar 112 juta tahun lalu. Kerangka dari buaya purba ini ditemukan di Amerika Serikat. Sarcosuchus memiliki mata yang mampu meneropong jauh dan moncong ekstra panjang sekitar 75% panjang tengkorak (11-12 meter). Mulut makhluk ini terdapat 35 gigi di rahang atas dan 31 gigi di rahang bawah.

 

15. Basilosaurus.


Basilosaurus merupakan paus raksasa yang ada sekitar 34 hingga 40 miliar tahun lalu. Namun demikian, ketika ilmuwan menemukan fosil Basilosaurus, ilmuwan menganggap Basilosaurus sebagai reptil. Fosil tersebut ditemukan di Amerika Serikat. Setelah dilakukan pengamatan lebih dalam, Basilosaurus termasuk dalam mamalia laut.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top