Old 27th May 2012 #1
belanjayuk's Avatar
belanjayuk belanjayuk is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,993
Rep Power: 7
belanjayuk mempunyai hidup yang Normal
belanjayuk belanjayuk is offline
Ceriwis Pro

belanjayuk's Avatar
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,993
Rep Power: 7
belanjayuk mempunyai hidup yang Normal
Default Tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan RI

kali ini ane mau nyampein siapa aja sih tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan RI?



moga ni trit nggak aja deh


[/spoiler]

open this

open this

for no repost:

















[/quote]
Quote:





Sebelumnya, agan-agan tau ga apa itu “PROKLAMASI”?

Proklamasi tu berasal dari bahasa yunani (PRODAMATION) yang artinya pengumuman kepada seluruh rakyat.



Udah ngerti kan sekarang gan?





Quote:





Proklamasi merupakan salah satu peristiwa penting bagi bangsa Indonesia gan. Kalo nggak ada proklamasi nggak kebayang deh sekarang kita kayak apa . KASKUS aja ngga bakalan ada kalli ya gan.

Makna dari proklamasi bagi bangsa Indonesia sendiri sangat banyak gan. Nih diantaranya :



- Sebagai puncak perjuangan

- Merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara kesatuan

- Titi tolak dari pelaksanaan amanat penderitaan rakyat

- Titik tolak perubahan tata hukum colonial menjadi tata hukum nasional





Quote:





Setiap peristiwa pasti melibatkan orang kan gan.

Agan pernah belajar sejarah? Masih ingat tokoh-tokoh yang terlibat dalam proklamasi serta peranannya? Ini nih gan beberapa diantaranya. ane kasih penjelasan singkat aja ye biar ngga males bacanya gan





yuk cekibrott..



[quote]





1. Ir. Soekarno


open this

open this

for 1:








Selain sebagai pembaca teks proklamasi, beliau juga berperan dalam penyusunan / perumusan teks proklamasi gan. Beliau juga yang menandatangani teks proklamasi tersebut.









2. M. Hatta


open this

open this

for 2:








Peran beliau hamper sama dengan Ir. Soekarno yakni menyusun teks proklamasi, menandatangani teks proklamasi. Bedanya beliau hanay mendampingi Ir. Soekarno dalam membacakan teks proklamasi. Jadi beliau tidak ikut membaca teks proklamasi.









3. Mr. Ahmad Soebardjo


open this

open this

for 3:








Beliau berperan dalam membantu Ir. Soekarno dan M. Hatta dalam menyusun teks proklamasi









4. Sayuti Melik


open this

open this

for 4:








Sebagai pengetik naskah proklamasi. Yang pada awalnya teks proklamasi berupa tulisan tangan Soekarno dipindah menjadi teks proklamasi yang berbentuk ketikan









5. Fatmawati


open this

open this

for 5:








Istri dari Ir. Soekarno yang menjadi penjahit dari bendera merah putih untuk dikibarakan dalam upacara proklamasi











6. Latief Hendraningrat, S. Suhud, dan Tri Murti


open this

open this

for 6:








Sebagai pengibar bendera merah putih dalam upacara proklamasi tanggal 17 Agustus 1945









7. Soewirjo


open this

open this

for 7:








Beliau adalah walikota Jakarta Raya yang menjamin dan mengusahakan agar kegiatan upacara proklamasi serta pembacaan teks proklamasi berjalan dengan aman dan lancar









8. B.M. Diah


open this

open this

for 8:








Sebagai wartawan yang menyiarkan kabar berita proklamasi ke seluruh penjuru tanah air kita gan. Biar mereka pada ngerti semua









9. Frans S. Mendur


open this

open this

for 9:








Sebagai wartawan atau bias dibilang fotografer yang mengabadikan momen proklamasi melalui hasil bidikannya









10. Syahrudin


open this

open this

for 10:




Orang yang menyebarakan berita kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia dengan jalan sembunyi-sembunyi











Bijimane gan?

Sekian info dari ane. Semoga bermanfaat ye bagi agan agan semua






open this

open this

for asek:




jangan lupa tinggalin ato yah gan. komeng bermutu juga boleh gan










[spoiler=open this] for jangan dibuka:




Jangan nyakitin ane pake . Entar malah nambah dosa lho!













belanjayuk is offline   Quote
Sponsored Links.
agen bola, sbobet, ibcbet
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 07:28 PM.

agen bola, sbobet, ibcbet
 

Pasang Iklan

Mau Pasang Iklan? Klik tombol di bawah ini.

Download on App store    Download on Google play
Copyright © 2016