Bripka Mernawati Fasih Berbahasa Khek, Ternyata Ini Rahasianya

Saya gak setuju kalo di bilang orang tionghoa sudah lupa ciri cirinya,di kampung saya singkawang,kalbar semua tionghoa menggunakan bahasa khek dalam kehidupan sehari hari. Di singkawang tradisi tionghoa tidak pernah akan hilang,bahkan kota singkawang mendapatkan julukan kota seribu klenteng dan kota amoi. Sejak itu saya selalu berpikir kenapa warga disana berbeda dengan warga Tionghoa yang berada di Pontianak atau di Kalimantan Barat. Ada pengalaman lain yang cukup menarik untuk disimak, di tempat kerja saya suatu hari datang klien yang membawa salah satu atasan meraka yang datang dari luar kota.

Basically semua orang boleh belajar Linguistik, tapi kalo punya basis Linguistik yang kuat, akan lebih mudah untuk belajar bahasa asing lainnya, karena paham bagaimana membentuk pola bahasa. Pas ibunya nyanyi, dia ada sebut 阿母, di bahasa Min bacanya a bu, sementara di bahasa Mandarin bacanya a mu. Si Namewee orang Malaysia, untuk orang Tionghoa-Malaysia, cukup common kok kalo mereka campur Hokkien dan Mandarin. Pada tahun 1912, setelah Republik Tiongkok berdiri, mereka membentuk sebuah badan yang dinamakan Duyin Tongyi Hui , dan menyempurnakan regulasi bahasa yang sempat dijalankan oleh Dinasti Qing.

Bahkan, banyak dari mereka menikah dengan penduduk pribumi setempat. (pada “x” yaitu 5-10 & 13-16) jd susah untuk cara panggilan. Saya dari Hakka kalbar menikah dengan orang sunda bahasa khek di jawa barat. Lalu, sebutan untuk kakak laki-laki dari ayah juga berbeda! Untuk kakak tertua akan kita panggil “Thai-pak” (大伯); sementara istrinya kita panggil “Thay-Me” (大姆).

Pasalnya, aktivitas mereka jadi terganggu, terutama bagi penduduk yang berjualan makanan. Perseteruan Gus Samsudin dengan Pesulap merah berlanjut laporan polisi. Sementara, kasus bayi meninggal saat persalinan normal di RSUD Jombang berbuntut panjang. Sehingga disampaikanlah dengan sosialisasi seperti itu di tempat-tempat yang mayoritas di huni warga Tionghoa. Menanggapi hal itu, Kasat Binmas Polres Singkawang Iptu Supiyanto mengatakan, masyarakat Singkawang terdiri dari beragam etnis dan latarbelakang suku maupun agama.

Jelas masih relevan, karena untuk melestarikan bahasa lokal tersebut. Untuk beberapa bahasa yang jumlah penuturnya masih signifikan, kecil kemungkinan bagi bahasa tersebut untuk hilang/punah. Bahasa yang diduga berasal dari Guanxi, memiliki ciri-ciri dari bahasa Xiang dan Yue. Bahasa yang berasal dari Anhui Selatan, memiliki ciri-ciri dari bahasa Mandarin, Gan, dan Wu. Jika menemukan istilah-istilah tadi, tak perlu ragu meninggalkan produknya.

Bahasa Hakka ini memiliki kekerabatan yang sangat erat dan dijaga oleh suku Hakka dibandingkan dengan bahasa Mandarin dan bahasa Tionghoa lainnya. Oleh karena itu, meski suatu kelompok Hakka berpindah tempat, mereka tetap akan melestarikan dan mempertahankan bahasa Hakka mereka di tempat yang baru. Jumlah orang Hakka yang tersebar di seluruh dunia sekitar juta orang. Saya orang Jawa, tapi saya dan keluarga saya TETAP membiasakan bahasa Jawa yg baik dan benar.

Gantilah dengan produk sejenis yang sudah bersertifikat halal, misalnya beef bacon atau turkey ham . Sebagai hasil dari proses adaptasi itu, kebudayaan mereka kini tampil dengan ciri campuran Tionghoa dan Minang atau mengalami alkulturasi kebudayaan. Suku Tionghoa yang Tersebar di Indonesia – Para leluhur suku Tionghoa melakukan imigrasi sejak abad ke-16 sampai 19.

Forum diskusi dan berbagi pengetahuan tentang buku, sejarah, ilmu misteri dunia. Dan bila kita menuruti aturan penulisan yg berlaku, tp tdk disertai percakapan langsung, maka artinya bisa berubah jauh. Namun, setelah diberi tahu, ternyata mereka menggunakan bahasa tutur asli dari kalangan mereka, yakni bahasa Khek.