10 Artis Menikah Dengan Adat Batak, Prosesinya Ada Yang Sampai 7 Jam!

wedding design girl ilustration vector wedding Demikian adalah tujuh dari beberapa rangkaian prosesi pernikahan adat Batak beserta maknanya. Setelah satu, tiga, lima atau tujuh hari si wanita tinggal bersama dengan suaminya, maka paranak, minimum pengantin pria bersama istrinya pergi ke rumah mertuanya untuk menyatakan terima kasih atas berjalannya acara pernikahan dengan baik, terutama keadaan baik pengantin wanita pada masa gadisnya (acara ini lebih bersifat aspek hukum berkaitan dengan kesucian si wanita sampai ia masuk di dalam pernikahan). Pesta Unjuk ini diakhiri dengan membawa pulang pengantin ke rumah paranak. Menjajaki tahap lebih resmi lagi, keluarga pria kembali datang ke rumah keluarga wanita untuk membuktikan keseriusan dari hubungan tersebut. Satu lagi ulos yang diserahkan dari orang tua pengantin wanita kepada orang tua pengantin pria. Menurutku ini bagus, berguna, bisa dipakai untuk waktu yang lama dan harganya juga lumayan murah. Untuk menghemat biaya kami coba beli yang jadi dengan kualitas yang lumayan oke. Perkawinan di kalangan masyarakat Batak diatur menurut adat istiadat, dengan tegasnya menurut landasan yang tertuang dalam falsafah Dalihan Na Tolu. Adat batak itu sangat baik dan selalu di patuhi oleh masyarakat batak. Selama prosesi Pesta Unjuk diadakan, keberadaan parhata-hata (protokol) dari kedua belah pihak baik paranak maupun parboru sangatlah penting.

Pas dalam arti mudah diakses, dekat dengan colokan, tidak mengganggu tamu yang lalu lalang, pencahayaannya baik. Di samping itu, ketika marhusip pula akan dibicarakan tentang sinamot yang akan dibicarakan secara khusus pada marhata sinamot. Kamu juga tidak perlu bingung untuk menyiapkan menu makanan yang khas Batak karena pengelola gedung ini sudah mempunyai beberapa rekanan catering yang khusus dalam menyediakan menu khas Batak. Namun, untuk jasa catering-nya sebaiknya kamu memang menggunakan jasa vendor catering yang sudah rekanan dengan gedung ini saja. Pada tahap ini, setelah keluarga dari masing-masing mempelai bertemu untuk membincangkan hal-hal terkait pernikahan yang akan dilangsungkan. Di penghujung acara pesta unjuk ini, orang tua kedua mempelai saling memberikan nasihat bagi pengantin yang telah menjadi satu ini disertai dengan ucapan selamat dari raja parhata. Barbagai alasan mengenai hal ini, Tapi yang jelas, dulu jika ada sebuah masalah.. Besarnya uang tuhor yang diberikan pun berpengaruh pada seberapa berharganya mempelai wanita. Jambar merupakan ritual pemberian makanan kepada kedua calon mempelai. Kemudian ada pula pembagian jambar.

Marhata sinamot biasanya diselenggarakan setelah selesai membagikan jambar. Biasanya yang dibahas adalah jumlah sinamot, tempat acara diadakan, jenis acara pernikahan dan sebagainya. Berbanding terbalik dengan prosesi magaririt, prosesi mangalehon tanda adalah prosesi menandai calon mempelai wanita yang dilakukan oleh calon mempelai pria yang sudah menemukan wanita idamannya. Dalam acara marsibuha-buhai mempelai pria bersama keluarganya datang dengan membawa makanan yang biasa disebut namargoar, sedangkan pihak dari mempelai wanita telah menyiapkan ikan mas yang diarsik (makanan khas Batak). Banyak alasan pria Batak menikahi gadis Jawa, kendati sebenarnya orangtua mereka rata-rata masih menginginkan anaknya menikahi gadis Batak, boru ni tulang (putri saudara lelaki ibu), atau setidaknya sesama orang Batak yang disebut pariban. Untuk busana pengantinnya, Putri Indonesia 2008 itu memilih kebaya berwarna peach yang dilengkapi dengan aksesori kepala yang disebut bulang. Pariban secara sederhana adalah sepupu, pariban adalah putri saudara laki-laki ibu (Boru Ni Tulang) atau putra saudara perempuan ayah (Anak Ni Namboru).

Walaupun bisa ditawar, tapi ternyata pihak perempuan bisa meminta mahar ini dalam jumlah yang cukup banyak sebagai tanda apakah si pria serius terhadap calonnya. Dalam adat Batak, ada hal yang disebut Namarpadan. Dalam satu keturunan Pak nainggolan, ada anaknya lima, dan juga pariban kandungnya ada Lima.. Apalagi anak-anak sekarang, dengan perkembangan media sosial, perkembangan transportasi yang begitu pesat, juga tingkat perbauran antara warga negara yang begitu tinggi, telah membuat kemungkinan anak-anak zaman sekarang berjodoh dengan orang-orang dari suku yang berbeda, semakin tidak terhindarkan. Pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum. Selanjutunya mempelai pengantin akan kembali melakukan pemberkatan kembali, namun kali ini orang tua dan keluarga besar dari kedua mempelailah yang selaku yang memberi pemberkatan. Boan Hu menjadi pilihan lagu Batak yang tidak boleh dilewatkan kalau kamu ingin menghadirkan nuansa pesta pernikahan bergaya adat Batak. 25.000,-/20gram. Belum lagi kalau payetnya padat mhhhhh bisa kebayang kan berapa biaya payet untu satu baju. Memang terdengar agak ribet untuk menggunakan adat dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.